MAKALAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
ALIRAN SESAT YANG BERKEMBANG
DI INDONESIA
Disusun Oleh :
DISUSUN OLEH :
Abdu rahman (18092146)
Mohamad Khaer (18092142)
Faisal Ramdan (18092212)
Imam Hidayat (18092188)
Ipah (18092173)
Rizky Abdul F. (18092159)
Mugiarti (18092161)
Saifuddin Yusron (18092149)
Sri Damayanti (18092171)
Ujang Sumantri (18092162)
BINA SARANA INFORMATIKA
BUMI SERPONG DAMAI
2010
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kami panjatkan kepada Allah swt. atas limpahan rahmat, hidayah
serta inayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan tugas makalah ini
tanpa suatu alangan yang berarti. Tidak lupa sholawat serta salam tetap
tercurahkan kepada junjungan nabi besar Muhammad SAW yang telah membawa
kita dari jaman jahiliah menuju jaman islamiah sekarang ini.
Adapun
tujuan dari penyusunan makalah yang berjudul Alirah Sesat yang
Berkembang di Indonesia ini adalah sebagai pemenuhan tugas yang
diberikan demi tercapainya tujuan pembelajaran yang telah direncanakan.
Tidak lupa ucapan terimakasih kami tujukan kepada pihak-pihak yang turut mendukung terselesaikannya makalah ini antara lain :
1. Ahmad Ghozali selaku dosen pembimbing,
2. Rekan-rekan sekelompok yang bekerjasama menyelesaikan makalah ini, serta
3. semua pihak yang turut mendukung terselesaikannya makalah ini.
Kami
menyadari dalam penyusunan makalah ini masih banyak kekurangan dan jauh
dari kesempurnaan. Maka dari itu, kritik dan saran yang membangun
sangat kami harapkan demi terciptanya makalah yang lebih baik
selanjutnya. Dan semoga dengan hadirnya makalah ini dapat memberi
manfaat bagi pembaca sekalian.
Penyusun
DAFTAR ISI
Halaman Judul i
Kata Pengantar ii
Daftar Isi iii
BAB I Pendahuluan
Sepuluh Kriteria Aliran Sesat 3
Perbedaan Pendapat dan Perpecahan yang
menjadi pengaruh munculnya aliran sesat 3
BAB II
BERBAGAI ALIRAN SESAT YANG BERKEMBANG DI INDONESIA
Aliran Pembaharu Isa Bugis 5
Faham Inkar Sunnah 6
Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) 7
Agama Ahmadiyah 9
Gerakan Syi'ah 10
Gerakan Lembaga Kerasulan (LK) 12
Ajaran Lia Aminuddin, Agama Salamullah 13
Ajaran Bijak Bestari 14
Agama (faham) Baha'i 14
Tarekat Naqsyabandiyyah Prof. DR. Kadirun Yahya. 15
ISLAM Liberal 16
BAB III
CARA UNTUK MENGHINDARI PENGARUH DARI ALIRAN SESAT
Pagari Akidah Anda 19
Kenalilah agama anda lebih mendalam lagi. 20
Pererat hubungan anda dengan ustadz 20
Bertemanlah dengan orang-orang
yang mengingatkan anda akan Allah 20
Baca dan Pelajari Al Qur’an dan Hadits 20
Hati-hati dalam menafsirkan Al Qur’an 22
BAB IV
KESIMPULAN 23
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
Munculnya
fenomena aliran sesat tidak terlepas dari problem psikologis baik para
tokoh pelopornya, pengikutnya serta masyarakat secara keseluruhan.
Problem aliran sesat mengindikasikan adanya anomali nilai-nilai di
masyarakat.
Aliran
sesat bukan fenomena baru, selain dia mengambarkan anomali, juga
kemungkinan adanya deviasi sosial yaitu selalu ada komunitas yang
abnormal. Baik ia berada dalam abnormalitas demografis, abnormalitas
sosial, maupun abnormalitas psikologis. Sedangkan bentuk deviasi dapat
bersifat individual, situasional dan sistemik (Kartono, 2004:16).
Abnormalitas perilaku seseorang tidak dapat diukur hanya dengan satu
kriteria, karena bisa jadi seseorang berkategori normal dalam pengertian
kepribadian tetapi abnormal dalam pengertian sosial dan moral. Demikian
halnya dengan para penganut aliran sesat, akan diperoleh kriterium
kategori yang tidak tegas. Salah satu yang paling mungkin untuk
menyatakan kesesatan adalah defenisi atau batasan ketidaksesatan yang
bersifat formalistik atau diakui sebagai batasan institusional.
Aliran
sesat didefinisikan sebagai aliran yang menyimpang dari mainstream
masyarakat, namun batasan ini menjadi rancu karena kriteria kesesatan
bersifat multikriteria. Oleh karena itu silang pendapat apakah suatu
aliran sesat atau tidak merupakan masalah tersenidri yang tidak mudah.
Aliran
hanya dapat dinyatakan sebagai sesat apabila mengacu pada satu kumpulan
kriteria yang dinyatakan secara apriori sebagai “tidak sesat”. Oleh
karena itu ukuran sosiologis, politis dan psikologis hanya merupakan
penjelas saja tentang kemungkinan-kemungkinan mengapa seseorang/kelompok
menjadi bagian dari aliran sesat.
Majelis
Ulama Indonesia (MUI) menetapkan sepuluh kriteria suatu aliran dapat
digolongkan tersesat. Namun, tidak semua orang dapat memberikan
penilaian suatu aliran dinyatakan keluar dari nilai-nilai dasar
Islam.‘’Suatu paham atau aliran keagamaan dapat dinyatakan sesat bila
memenuhi salah satu dari sepuluh kriteria,'’ kata Ketua Panitia Pengarah
Rakernas MUI Tahun 2007, Yunahar Ilyas, di Jakarta, Selasa
(6/11).Sekretaris MUI, Ichwan Sam, menambahkan, kriteria tersebut tidak
dapat digunakan sembarang orang dalam menentukan suatu aliran itu sesat
dan menyesatkan atau tidak. ‘’Ada mekanisme dan prosedur yang harus
dilalui dan dikaji terlebih dahulu. Harus diingat tidak semudah itu
mengeluarkan fatwa,'’ tegasnya.Pedoman MUI itu menyebutkan, sebelum
suatu aliran atau kelompok dinyatakan sesat, terlebih dulu dilakukan
penelitian. Data, informasi, bukti, dan saksi tentang paham, pemikiran,
dan aktivitas kelompok atau aliran tersebut diteliti oleh Komisi
Pengkajian.Selanjutnya, Komisi Pengkajian memanggil pimpinan aliran atau
kelompok dan saksi ahli atas berbagai data, informasi, dan bukti yang
didapat. Hasilnya kemudian disampaikan kepada Dewan Pimpinan. Bila
dipandang perlu, Dewan Pimpinan dapat menugaskan Komisi Fatwa untuk
membahas dan mengeluarkan fatwa. ‘’Di batang tubuh fatwa mengenai aliran
sesat, juga ada poin yang menyatakan akan menyerahkan segala sesuatunya
kepada aparat hukum dan menyeru masyarakat jangan bertindak
sendiri-sendiri,'’ jelas Ichwan.Wapres, Jusuf Kalla, meminta seluruh
komponen masyarakat, terutama para ulama dan tokoh agama, tidak lari
menyikapi maraknya aliran sesat. ‘’Untuk menyikapi aliran sesat ini,
kita tidak bisa menggunakan langkah-langkah kekerasan, seperti
lempar-lemparan, bakar-bakaran, dan sebagainya. Polisi dan jaksa boleh
mengambil tindakan formal, tetapi jika secara hati nurani tidak selesai.
Kita harus introspeksi,'’ kata Kalla di hadapan peserta Rakernas MUI.
Pemerintah, sambung Menag, Maftuh Basyuni, terus berupaya meyakinkan
para penganut aliran sesat agar dapat kembali ke jalan yang benar. Upaya
kekerasan atau anarkis dalam menyikapi aliran sesat, menurut Maftuh,
tak akan menyelesaikan masalah.
‘’Malah
akan menambah genting suasana. Toh sekarang sudah banyak tokoh aliran
sesat yang ditangkap dan menyerahkan diri, tergantung aparat untuk
menindaklanjutinya.'’
Ketua
Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII), Adian Husaini, menyebut
keluarnya putusan MUI sebagai sesuatu yang ditunggu-tunggu umat Islam.
‘’Dengan demikian, jelas apa saja kriteria aliran sesat itu,'’ kata
Adian. Sepuluh kriteria yang ditetapkan MUI itu merupakan ajaran Islam
yang mendasar. ‘’Ini penekanannya lebih untuk umat sendiri.'’
Sepuluh Kriteria Aliran Sesat
1. Mengingkari rukun iman dan rukun Islam
2. Meyakini dan atau mengikuti akidah yang tidak sesuai dalil syar`i (Alquran dan as-sunah),
3. Meyakini turunnya wahyu setelah Alquran
4. Mengingkari otentisitas dan atau kebenaran isi Alquran
5. Melakukan penafsiran Alquran yang tidak berdasarkan kaidah tafsir
6. Mengingkari kedudukan hadis Nabi sebagai sumber ajaran Islam
7. Melecehkan dan atau merendahkan para nabi dan rasul
8. Mengingkari Nabi Muhammad SAW sebagai nabi dan rasul terakhir
9. Mengubah pokok-pokok ibadah yang telah ditetapkan syariah
10. Mengkafirkan sesama Muslim tanpa dalil syar’i
Perbedaan Pendapat dan Perpecahan yang Menjadi pengaruh munculnya aliran sesat.
Sesungguhnya
ikhtilaf (perbedaan pendapat) adalah sunatullah namun Ikhtilaf yang
membawa iftiraq (perpecahan) itulah yang dicela oleh Allah SWT. Sebab
timbulnya iftiraq pada mulanya terjadi karena sebab yang sepele. Namun
karena pelakunya mengedepankan hawa nafsu maka hal sepele menjadi besar
dan berakibat pada perselisihan dan perpecahan. Secara garis besar di
antara sebab munculnya Al Firaq Al Islamiyah (seperti : Khawarij,
Syi'ah, Mu'tazilah, Murji'ah, dll.) adalah:
1.
Ghuluw (berlebih-lebihan dalam bersikap), contoh : Khawarij berangkat
dari pemahaman yang berlebihan terhadap ayat-ayat wa'id (ancaman)
sehingga mereka mengkafirkan kaum Muslimin yang melakukan dosa besar.
Sedang Syi'ah muncul karena sikap yang berlebihan dalam mencintai
sebagian sahabat Rasul yaitu Ali ra dan para Ahlul Bait.
2.
Membantah bid'ah dengan bid'ah yang semisal, contoh : Murji'ah ingin
mencounter Khawarij yang berlebih-lebihan dalam menghukumi pelaku dosa
besar namun akhirnya mereka terjerumus pada bid'ah baru yaitu menganggap
pelaku dosa besar sebagai mukmin dengan keimanan yang sempurna.
3.
Pengaruh dari luar Islam, contoh : Syi'ah, karena muassis (gembong)nya
adalah Yahudi yaitu Abdulah bin Saba'. Begitu juga Qodariyah,
pencetusnya adalah seorang Nashrani, Jahmiyyah pencetusnya Yahudi.
4. Mengedepankan akal.
5. Filsafat Yunani, contoh : Mu'tazilah banyak dipengaruhi oleh filsafat Yunani.
Selain itu ada yang disebabkan oleh :
1. Ulama yang beraqidah menyimpang,
2. Kebodohan kaum Muslimin.
3. Tidak memiliki standar pemahaman yang benar.
4. Ikhtilaf yang didasari hawa nafsu.
5. Rasa Ashabiyah (fanatisme golongan).
6. Hasad (dengki)
7. Kecenderungan menyuburkan bid'ah dan hawa nafsu.
8. Menuhankan akal dan menomorduakan naql (dalil).
9. Pengaruh eksternal.
BAB II
BERBAGAI ALIRAN SESAT YANG BERKEMBANG DI INDONESIA
1. Aliran Pembaharu Isa Bugis
Isa
Bugis lahir tahun 1926 di kota Bhakti Aceh Pidie. Isa Bugis ingin
menerjemahkan dan menganalisa agama Islam berdasarkan teori pertentangan
antara dua hal. Seperti misalnya ideologi komunis dengan kapitalis,
antara nur dan kegelapan. Ia berusaha untuk mengilmiahkan agama dan
kekuasaan Tuhan dan akan menolak semua hal-hal yang tidak bisa
diilmiahkan atau tidak bisa diterima akal. Oleh karena itu ajaran Isa
Bugis ini banyak diikuti oleh para intelek yang cenderung lebih
menggunakan akal dan pikiran.
Pokok-Pokok Ajaran Isa Bugis:
a. Air Zam-zam di Makkah adalah air bekas bangkai orang Arab.
b. Semua tafsir Al Qur'an yang ada sekarang harus dimuseumkan karena semuanya salah.
c.
Menolak semua mukjizat para Nabi dan Rasul, seperti kisah Nabi Musa as
membelah laut dengan tongkatnya dalam Al Qur'an adalah dongeng lampu
Aladin.
d. Nabi Ibrahim as menyembelih Ismail adalah dongeng.
e. Ka'bah adalah kubus berhala yang dikunjungi oleh turis setiap tahun.
f. Ilmu Fiqih, Ilmu Tauhid, dan sejenisnya adalah syirik. Ulama yang mengajarkan ilmu ini harus disingkirkan ke Pulau Seribu.
g.
Al Qur'an bukan bahasa Arab, sehingga untuk memahami Al Qur'an tidak
perlu belajar bahasa Arab, tata bahasa Arab dan sejenisnya.
h. Setiap orang yang intelek diberi kebebasan untuk menafsirkan Al Qur'an walau tidak mengerti bahasa Arab.
i. Ajaran Nabi Muhammad adalah pembangkit imperialisme Arab.
j. Ajaran Qurban pada waktu Iedhul Adha tidak ada dasar kebenarannya.
k. Mubaligh-mubaligh Islam yang menyebarkan agama ke luar tanah Arab adalah pemabuk dzulumat yang haus darah dan harta.
l. Indonesia adalah diantara dari sekian banyak korban dari kebiadaban Arabisme.
m.
Lembaga Pembaharu (yang dipimpin oleh Isa Bugis) adalah Nur, sedangkan
orang atau golongan di luar itu adalah Dzulumat, sesat serta kafir.
n.
Sekarang masih periode Makkah sehingga belum diwajibkan shalat, puasa
dll. Begitu juga minuman yang memabukkan seperti khamar dan sejenisnya
belum diharamkan.
2. Faham Inkar Sunnah
Faham
sesat ini mucul sekitar tahun 1980-an. Mereka menamakan pengajian yang
mereka adakan dengan sebutan kelompok Qur'ani (kelompok pengikut Al
Qur'an).
Tokohnya
antara lain Luqman Saad Direktur perusahaan penerbitan PT. Ghalia. Pada
awalnya Luqman Saad merintis usaha percetakannya dengan tangan. Namun
ketika ia bolak-balik ke Belanda untuk suatu urusan yang tidak diketahui
kemudian ia memiliki peralatan modern yang didatangkan dari negeri
Belanda. Dengan mesin cetaknya itulah ia banyak mencetak buku-buku yang
berisi ajaran sesat Inkarus Sunnah. Selain itu juga Ir. Irham Sutarto
ketua serikat buruh PT. Unilever (Belanda). Tidakkah ini merupakan
permainan orang Yahudi di Belanda dalam menghancurkan Islam di
Indonesia? Setelah dilakukan pelacakan akhirnya ditemukan dedengkotnya
adalah Marinus Taka keturunan Indo Jerman yang tinggal di Jalan Sambas 4
No.54 Depok Lama daerah dimana banyak bermukim peranakan Belanda dengan
gerejanya yang terpadat untuk seluruh Indonesia. Marinus Taka mengaku
bisa membaca Al Qur'an tanpa belajar dan tanggal 4 Juni 1983 ditangkap
oleh Kodim Jakarta Utara.
Pokok-Pokok Ajaran Inkarus Sunnah:
a.
Tidak percaya kepada semua hadits Rasulullah SAW, menurut mereka hadits
itu bikinan Yahudi untuk menghancurkan Islam dari dalam.
b. Dasar hukum dalam Islam hanya Al Qur'an saja.
c. Syahadat mereka : Insyahadu bianna Muslimun.
d. Shalat mereka macam-macam ada yang dua rokaat-dua rokaat dan ada juga yang shalatnya hanya 'eling' saja.
e.
Puasa wajib bagi mereka yang melihat bulan saja, kalau yang lihat bulan
hanya satu orang maka hanya orang itu saja yang wajib puasa. Mereka
merujuk pada ayat : faman syahida minkumus Syahra falyasumhu.
f. Haji boleh dilakukan selama 4 bulan Haram yaitu : Muharram, Rajab, Dzulqa'dah dan Dzulhijjah.
g.
Pakaian Ihram adalah pakaian orang Arab dan bikin repot. Oleh karena
itu mereka menunaikan haji menggunakan baju biasa atau jas.
h. Rasul tetap diutus sampai hari Kiamat.
i. Nabi Muhammad tidak berhak menjelaskan tentang ajaran Al Qur'an (kandungan isi Al Qur'an).
j. Orang yang meninggal dunia tidak disholati karena tidak ada perintah di Al Qur'an.
3. Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII)
Didirikan
oleh Mendiang Nur Hasan Ubaidah Lubis (Luar Biasa), awalnya bernama
Darul Hadits (DH) tahun 1951. Karena meresahkan masyarakat Jawa Timur
maka DH dilarang oleh PAKEM - Kejaksaan Tinggi Jawa Timur. Kemudian
berganti nama menjadi Islam Jama'ah. Banyak artis yang tertarik dengan
ajaran ini antara lain karena adanya ajaran tebus dosa. Karena kembali
meresahkan masyarakat di Jakarta akhirnya dilarang melalui SK Jaksa
Agung RI No. Kep.-08/D.A/10.1971 tanggal 29 Oktober 1971.
Karena
dilarang, maka Imam Jama'ah ini meminta perlindungan kepada Letjen. Ali
Murtopo wakil Kepala Bakin yang terkenal sangat anti Islam. Setelah
mendapat perlindungan maka menyatakan diri masuk Golkar dan berganti
nama menjadi LEMKARI (Lembaga Karyawan Dakwah Islam). Karena meresahkan
masyarakat Jawa Timur kemudian dibekukan oleh Gubernur Jawa Timur
Sularso. Dalam mubes di Asrama Haji Pondok Gede tahun 1990, LEMKARI
berganti nama menjadi LDII atas anjuran Mendagri Rudini agar tidak rancu
dengan nama LEMKARI (Lembaga Karatedo Indonesia).
Pokok-Pokok Ajaran Islam Jama'ah / LDII:
a. Orang Islam di luar kelompok mereka adalah kafir dan najis, termasuk kedua orang tua sekalipun.
b.
Kalau ada orang di luar kelompok mereka yang melakukan shalat di masjid
mereka maka bekas tempat sholatnya dicuci karena dianggap sudah terkena
najis.
c. Wajib taat pada amir atau Imam mereka.
d. Mati dalam keadaan belum baiat kepada Amir/Imam LDII maka akan mati jahiliyah (kafir).
e.
Al Qur'an dan Hadits yang boleh diterima adalah yang mankul (yang
keluar dari mulut Imam/Amir mereka) selain itu haram diikuti.
f. Haram mengaji Al Qur'an dan Hadits kecuali kepada Imam/Amir mereka.
g.
Dosa bisa ditebus kepada sang Amir atau Imam dan besarnya tebusan
tergantung besar kecilnya dosa yang diperbuat dan ditentukan oleh
Amir/Imam.
h. Harus rajin membayar infak, shodaqoh dan zakat kepada Amir/Imam mereka. Selain kepada mereka adalah haram.
i.
Harta benda diluar kelompok mereka dianggap halal untuk diambil atau
dimiliki dengan cara bagaimanapun, misalnya: merampok, mencuri, korupsi
dll. asal tidak ketahuan. Bila berhasil menipu orang Islam diluar mereka
dianggap berpahala besar.
j. Bila mencuri harta orang selain LDII ketahuan maka kesalahannya adalah ketahuan itu.
k. Harta, zakat, infaq dan shodaqoh yang sudah diberikan kepada Amir/Imam haram ditanyakan catatannya atau penggunaannya.
l. Haram membagikan daging Qurban/Zakat Fitrah kepada orang Islam diluar kelompoknya.
m. Haram shalat di belakang Imam yang bukan dari kelompok mereka, kalaupun terpaksa tidak perlu wudhu dan harus diulang.
n. Haram menikahi orang di luar kelompoknya.
o. Perempuan LDII kalau mau bertamu di rumah orang selain kelompoknya harus memilih waktu haid (dalam keadaan kotor).
p.
Kalau ada orang di luar kelompok mereka bertamu ke rumah mereka maka
bekas tempat duduknya harus di cuti karena dianggap najis.
Imam
mereka, Nur Hasan Ubaidah meninggal tanggal 31 Maret 1982 dalam
kecelakaan lalu lintas antara Tegal Cirebon di dalam mercy Tiger B 8418
EW tatkala ingin menghadiri kampanye Golkar. Sang Imam meninggalkan
harta yang banyak dan digantikan oleh putranya Abdu Dhohir dan dibaiat
sebelum mayat ayahnya dikubur.
Perwakilan gerakan ini berkembang hingga ke Amerika, Suriname, Australia, Jerman bahkan di Arab Saudi.
4. Agama Ahmadiyah
Agama
Qadian didirikan oleh Mirza Ghulam Ahmad di India. Mirza dianggap
sebagai Nabi yang disejajarkan dengan Nabi Isa as., Nabi Musa as., Nabi
Daud as.
Agama
ini bermaksud untuk menyaingi Kenabian Muhammad SAW. Ahmadiyah masuk
Indonesia tahun 1935 dan tersebar. Pusatnya sekarang di Parung Bogor.
Mempunyai
majalah Nur Islam (sebagai pengganti Sinar Islam yang telah dilarang).
Aliran ini sudah dilarang namun hanya secara lokal. MUI serta organisasi
Islam lainnya telah mengirim surat kepada Pemerintah (Kejagung RI)
tetapi belum mendapat tanggapan.
Pokok-Pokok Ajaran Ahmadiyah:
a. Mirza Ghulam Ahmad mengaku dirinya Nabi dan Rasul utusan Tuhan.
b.
Mengaku menerima wahyu di India. Kitab suci mereka bernama Tadzkirah.
Isinya memutarbalikkan ayat-ayat suci Al Qur'an, ayat yang awal diputar
ke belakang, ayat yang satu disambung ayat lainnya sesuai dengan selera
nabi India tersebut.
c. Mengakui Kitab mereka sama sucinya dengan Al Qur'an.
d. Wahyu tetap turun sampai hari kiamat begitu juga Nabi dan Rasul diutus sampai hari kiamat.
e. Mempunyai tempat suci sendiri yaitu Qadian dan Rabwah. Nabi Mirza tidak pernah naik haji ke Makkah.
f.
Mereka mempunyai surga sendiri yang letaknya di Qadian dan Rabwah dan
sertifikat kapling surga tersebut di jual kepada jama'ahnya dengan harga
sangat mahal.
g. Wanita Ahmadiyah haram nikah dengan laki-laki bukan Ahmadiyah tetapi sebaliknya boleh.
h. Tidak boleh bermakmum dibelakang orang yang bukan Ahmadiyah.
i.
Ahmadiyah mempunyai tanggal, bulan dan tahun sendiri yaitu Suluh,
Tabliqh, Aman, Syahadah, Hijrah, Ikhsan, Wafa', Zuhur, Tabuk, Ikha',
Nubuwah, Fatah. Nama tahunnya adalah Hijri Syamsi (HS).
5. Gerakan Syi'ah
Agama
Syi'ah adalah agama dendam kesumat. Pencetusnya adalah Abdullah bin
Saba tokoh YAHUDI yang pura-pura masuk Islam di zaman Sahabat Nabi.
Rukum
Iman Agama Syi'ah tidak termasuk percaya kepada Qadha' dan Qadar, yaitu
: Percaya kepada keesaan Allah, Percaya kepada keadilan, Percaya kepada
kenabian, Percaya kepada Imamah, Percaya kepada sa'ah (hari kiamat).
Karena tidak iman kepada Qadha' dan Qadar itulah maka kematian cucu
Rasulullah SAW, Husen di Padang Karbala, diratapi dari dulu hingga
sekarang. Dalam meratapi, mereka memukul badan, dada dan kepala hingga
berlumuran darah padahal tidak ada ajaran samawi yang membolehkan
menganiaya diri karena mencintai seseorang.
Ahlul
baiyt (seisi rumah dengan Rasulullah SAW) menurut mereka adalah Ali bin
Abi Thalib, Fatimah dan kedua puteranya, Hasan dan Husein. Sedangkan
Khadijah yang begitu besar jasanya terhadap agama Islam tidak termasuk.
Pokok-Pokok Ajaran Syi'ah:
a. Hadits tidak hanya dari Nabi Muhammad SAW saja tetapi juga dari ucapan para Imam mereka sampai hari kiamat.
b. Al Qur'an yang beredar sudah dipalsukan dan yang asli dibawa oleh Imam Muntadhar (yang ditunggu munculnya kembali di dunia).
c.
Menghalalkan nikah Mut'ah (kawin kontrak / pelacuran mengatasnamakan
agama) padahal sudah dilarang Islam. Banyak digandrungi oleh muda mudi
atau pejabat yang kurang pengetahuan, padahal sama saja dengan zinah.
d. Syi'ah memandang Imam itu maksum.
e. Syi'ah memandang bahwa menegakkan agama adalah rukun agama.
f. Syi'ah menolak hadits yang tidak diriwayatkan oleh ahlul bait.
g. Tidak mengakui Abu Bakar, Umar dan Utsman Radhiyallahu 'anhum.
Gerakan
Syi'ah luar biasa aktif di Indonesia (karena banyak penduduk muslimnya
namun kurang pengetahuan agamanya). Mereka pandai menempatkan
orang-orangnya di posisi penting a.l. : DR. Jalaluddien Rahmat untuk
menggarap keluarga mantan wapres Soedarmono serta kelompok elit di
Kebayoran Baru dengan nama yayasan Pengajian Sehati. Ir. Haidar Bagir
(pemimpin umum Republika untuk menggarap orang-orang dekat Habibie dan
kelompok intelektual). Prof. DR. Quraisy Shihab yang menggarap tokoh
agama yaitu untuk mementahkan keputusan-keputusan MUI jika ada keputusan
MUI yang keras terhadap aliran sempalan. LPPI pernah mengeluarkan
brosur kecil yang berjudul : Syi'ah dan Quraisy Shihab.
Gerakan ini mempunyai yayasan yang bergerak di bidang pendidikan dan pesantren antara lain :
a. Yayasan Muthohari Bandung
b. Yayasan Al Muntadhor Jakarta
c. Yayasan Mulla Sadra Bogor
d. Yayasan Pesantren Yapi Bangil (IPANI : Ikatan Pemuda Ahlu Bait)
e. Yayasan Muhibbin Probolinggo
f. Pesantren Al Hadi Pekalongan
g. Yayasan Yapisma Malang
h. Yayasan Madinatul Ilmi Depok
i. Yayasan Darul Habib Jakarta
j. Yayasan Yasin Surabaya
k. Yayasan Babul Ilmi Jakarta (Jatibening)
6. Gerakan Lembaga Kerasulan (LK)
Mereka
berpendapat bahwa Rasul itu diutus sampai kiamat. Rasul itu personnya,
oleh sebab itu harus ada lembaganya (sama dengan Menteri dengan
Departemennya).
Kalau
Rasul meninggal maka harus ada Rasul baru yaitu Imam mereka. Tidak taat
pada Imam mereka berarti tidak taat pada Rasul dan itu dosa besar.
Gerakan ini ingin mendirikan NII (Negara Islam Indonesia) versi mereka sendiri dengan tokohnya : Aceng Syaifuddin.
Pokok-Pokok Ajarannya:
a. Rasul diutus sampai hari kiamat.
b. Wajib bai'at seta taat pada Imam.
c. Dosa bisa ditebus dengan uang kepada Imam. Besar kecilnya tergantung besar kecil dosa.
d. Di luar kelompok mereka adalah kafir.
e. Perkawinan harus dihadapan imam mereka dan diadakan oleh imam mereka. Sedangkan orang tua tidak perlu tahu.
f.
Membagi periode Makkah dan Madinah. Sekarang dianggap masih periode
Makkah, jadi belum wajib Sholat, puasa, haji serta belum diharamkan
khamar dan minuman memabukkan lainnya.
g. Mengaji harus kepada Imam.
7. Ajaran Lia Aminuddin, Agama Salamullah
Lia Aminuddin, umur 51 tahun tinggal di Jl. Mahoni 30 Jakarta Pusat. Ada beberapa buku yang sudah dikarang olehnya:
a. Perkenankan aku menjelaskan sebab taqdir.
b. Pancasila menuju Zam-zam
c. Lembaga Al Hira, fatwa Jibril as. VS fatwa MUI.
d. Puisi-puisi mendalami kerukunan Nasional.
Pokok-Pokok Ajarannya:
a.
Malaikat Jibril akan muncul lagi ke Bumi dan bersemayam di diri Lia,
maka dimanapun Lia berada selalu bersama Malaikat Jibril as.
b. Lia mengakui menjadi juru bicara Jibris as. dan mengaku sebagai Nabi/Rasul.
c. Lia mengaku mendapatkan wahyu.
d. Lia mengaku mendapatkan mukjizat.
e. Agama yang dibawa oleh Lia bernama Salamullah / Agama Perenialisme yang menghimpun segala agama.
f. Lia mengaku sebagai Imam Mahdi.
g. Imam Mukti (anaknya) dianggap sebagai Nabi Isa as.
h. Abdul Rahman diyakini sebagai wa'sil/Imam besar.
i.
Mencukur semua jenis rambut lalu membakarnya dianggap sebagai bentuk
ibadah yang diperintahkan Jibris melalui Lia Aminuddin (seperti bayi
yang baru lahir).
8. Ajaran Bijak Bestari
Yayasan Imperium Zakita Mata di didirikan oleh HMA Bijak Bestari, lahir di Binjai, Sumatra Utara, 30 Maret 1943.
Pokok-Pokok Ajarannya:
a.
Mengaku bahwa HMA (Huwa Mu'jizatul A'la Allahu Akbar) itu Allah. Allah
tertinggi. Allah itu Dzat yang menyeluruh. Pada Allah itu ada
jabatan-jabatan. Ada Allahu Akbar ada Ar Rahman dan ada ayat kursi yang
memiliki fungsi-fungsi. Diantara fungsi-fungsi itu, yang tertinggi
adalah HMA.
b.
Imperium Zakiya Makta Foundation milik HMA terbentuk atas dasar
diturunkannya penugasan dari Allah yang Maha Besar mutlak 100% pada
tanggal 2 Mei 2001 pukul 00.00 WIB yang diterima langsung oleh HMA Bijak
Bestari.
c.
Imperium Zakiya Makta sebagai Pusat Komando, Deteksi dan Informasi
Ghoib dan Ajaib yang mencakup alam semesta raya secara keseluruhan,
mulai alam dimensi 1 sampai alam dimensi 900. Mengadakan apa yang
disebut "Penafsiran Ghaib" dengan melakukan kontak gaib dengan pemimpin
ayat masing-masing. Bila kita kontak, kita bisa tanyakan semua "Ini apa
maksudnya?"
Inti ajaran Zakiya Makta adalah keilmuan hiper metafisik yang merupakan jalan keluar untuk segala keperluan positif.
9. Agama (faham) Baha'i
Timbul
dari kalangan Syi'ah di Iran pada abad 19. Pencetusnya adalah Mirza Ali
Muhammad. Mendakwa dirinya sebagai Al Baab, artinya pintu, yaitu pintu
yang menghubungkan manusia dengan iman yang hilang yang akan keluar pada
akhir zaman.
Ajarannya
dinamakan Babiyah. Ia mengangkat dirinya sebagai Imam Mahdi. Setelah
meninggal ajarannya dikembangkan oleh muridnya Mirza Husein Ali. Husein
Ali juga mengangkat dirinya sebagai Nabi, juga Al Masih yang dijanjikan.
Pokok-Pokok Ajaran:
d.
Semua agama samawi (Yahudi, Islam, Kristen) itu sama karena berasal
dari Tuhan yang sama, oleh karena itu ketiga agama tersebut harus
disatukan, yang ada hanyalah dienullah (agama Tuhan) atau mereka sebut
juga agama Internasional.
e. Ajaran Baha'i merupakan campuran antara falsafah Pantaisme, ajaran Taurat, Injil dan Tasawwuf dalam Islam.
Ajaran
ini telah dilarang melalui SK Perdana Menteri RI No.112/PM/1959.
Setelah mati selama 42 tahun, begitu Gus Dur terpilih menjadi Presiden
RI, pengurus Baha'i datang ke Presiden Gus Dur untuk melakukan lobi. Dan
untuk diketahui aliran ini telah memberikan hidupnya untuk propaganda
bagi kembalinya orang-orang Yahudi ke bumi Palestina.
10. Tarekat Naqsyabandiyyah Prof. DR. Kadirun Yahya.
Kadirun
Yahya dilahirkan di Pangkan Brandan 20 Juni 1917. Pada dasarnya Kadirun
Yahya adalah seorang ilmuwan di bidang Fisika, Kimia dan Filsafat.
Perkenalannya
dengan ajaran Tarekat Naqhsabandiyyah di mulai pada tahun 1941 di Sumut
bersama Syekh Syahbuddin. Lalu berguru degnan Syekh Muhammad Hasyim
Buayan. Ia mengklaim bahwa ajaran "metafisika" yang dianutnya merupakan
ajaran Rasulullah SAW yang diwariskan kepadanya berasal dari Jabal
Qubais.
Pokok-Pokok Ajaran:
a.
KH. Hasyim, gurunya, berkata "aku tadi telah meninggal 4 jam, tetapi
aku permisi pada Tuhan Allah untuk hidup lagi agak sebentar, karena ada
lagi yang lupa belum aku turunkan pada anak." Beberapa hari setelah itu
sang guru berpulang.
b.
Tenaga Allah adalah ibarat listrik dan wasilah, pengantar atau ibarat
saluran yang menghubungkan antara manusia dan Allah melalui Mursyid dan
silsilahnya serupa kawat listrik.
c.
Untuk tujuan tertentu, ia memakai sebuah tongkat. Dengan tongkat
tersebut ia dapat langsung memusatkan energi Ilahi ke arah obyek yang ia
tuju. Ia bisa mematikan yang hidup dan menghidupkan yang mati. Untuk
tujuan lain, air atau batu yang telah disalurkan padanya kalimah Allah,
dapat dipakai sebagai kondensator yang berisi energi Ilahi yang sama.
d.
Ilmu Tasawwuf dan Sufi adalah satu ilmu dalam agama Islam yang sangat
dalam dan sangat halus. Yang mampu menembus ke dalam alam bil ghaib,
alam batin, yang sudah jelas sulit diilmiahkan, apalagi di zaman dahulu
kala.
e.
Dzikrullah dengan metode tarekatullah ialah dzikrullah yang mampu
langsung mendorong turunnya dzikrullah Maha Suci, Maha Akbar dari sisi
Allah SWT.
11. ISLAM Liberal
Islam
Liberal atau JIL (Jaringan Islam Liberal) adalah kemasan dari kelompok
lama yang orang-orangnya dikenal nyeleneh. Kelompok nyeleneh itu setelah
berhasil memposisikan orang-orangya dalam jajaran yang mereka sebut
pembaharu atau modernis. Mula-mula yang dilakukan adalah mengacaukan
istilah. Mendiang Dr. Harun Nasution Direktur Pasca Sarjana IAIN Jakarta
berhasil mengelabui para mahasiswa perguruan tinggi Islam di Indonesia
dengan cara mengacaukan istilah. Yaitu memposisikan orang-orang yang
nyeleneh sebagai Pembaharu. Diantaranya Rifa'at At-Thahthawi (orang
Mesir alumni Paris yang menghalalkan dansa-dansi laki perempuan campur
aduk) oleh Harun diangkat sebagai pembaharu dan bahkan dibilang sebagai
pembuka pintu ijtihad. Pemutarbalikan fakta ini dilakukan secara resmi
di IAIN antara lain melalui bukunya "Pembaharuan dalam Islam, Sejarah
Pemikiran dan Gerakan, terbit 1975).
Pengacauan
istilah lainnya dilakukan oleh Nurcholish Madjid yang belajar Islam
(kepada dosen-dosen Yahudi) di perguruan tinggi Amerika, Chicago -
dengan cara mengembalikan istilah kepada bahasa lalu diselewengkan
artinya, persis seperti dilakukan Darmogandul dan Gatoloco : yaitu sosok
penentang dan penolak syari'at Islam di Jawa. Nurcholish menempuh :
Islam dikembalikan kepada al Din, kemudian diberi makna yaitu hanyalah
agama (tidak punya urusan dengan kehidupan dunia, bernegara) lalu dari
pemaknaan itu menolak diterapkannya syari'at Islam dalam kehidupan. Mari
kita simak kutipan tulisan Nurcholish sbb:
"sudah
jelas, bahwa fikih itu, meskipun telah ditangani oleh kaum reformis,
sudah kehilangan relevansinya dengan pola kehidupan zaman sekarang.
Sedangkan perubahan secara total agar sesuai dengan pola kehidupan
modern, memerlukan pengetahuan yang menyeluruh tentang kehidupan modern
dalam segala aspeknya, sehingga tidak hanya menjadi kompetensi dan
kepentingan umat Islam saja, melainkan juga orang-orang lain. Maka,
hasilnya pun tidak perlu hanya merupakan hukum Islam, melainkan hukum
yang meliputi semua orang, untuk mengatur kehidupan bersama."
Tanggapan
: menganggap fiqh telah kehilangan relevansinya adalah satu
pengingkaran. Bagaimana umat Islam bisa berwudhu, sholat, zakat, puasa,
nikah, waris dan mengetahui halal/haram jika fiqh telah tidak relevan?
Faham
JIL mudahnya, menjurus pada sekularisme, inklusifisme dan pluralisme
agama (menganggap semua agama itu sejajar, paralel dan prinsipnya sama
hanya beda teknis) dan kita tidak boleh memandang agama lain dengan
memakai agama yang kita peluk (ini lebih jauh lagi pemurtadannya).
Ahmad Wahib, yang mengaku sekian tahun diasuh oleh pendeta dan romo, fahamnya menafikan Qur'an dan Hadits, yaitu:
"Menurut
saya sumber-sumber pokok untuk mengetahui Islam atau katakanlah
bahan-bahan dasar ajaran Islam, bukanlah dengan Qur'an dan Hadits
melainkan Sejarah Muhammad."
Jadi
Al Qur'an dan Hadits dia anggap hanya sebagian dari sumber sejarah
Muhammad, jadi hanya bagian dari sumber ajaran Islam, yaitu Sejarah
Muhammad. Al Qur'an disejajarkan dengan iklim Arab, adat istiadat Arab
dan lain-lain. Jadi Al Qur'an dan Hadits dianggap bukan landasan Islam,
hanya setingkat adat Arab saja.
Tokoh-tokohnya:
o Nurcholish Madjid - Paramadina Jakarta
o Charles Kurzman - University North Carolina
o Azyumardi Azra - IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta
o Abdallah Laroui - Muhammad V University Maroko
o Masdar F. Mas'udi - Pusat Pengembangan Pesantren dan Masyarakat Jakarta
o Goenawan Mohammad - Majalah Tempo
o Edward Said
o Djohan Effendi - Deakin University Australia
o Abdullah ahmad an-Naim - University of Khartoum Sudan
o Jalaludin Rahmat, Yayasan Muthahhari Bandung
o Asghar Ali Engineer
o Nasaruddin Umar - IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta
o Komaruddin Hidayat - Paramadina
o Said Agil Siraj - PBNU
o Denny JA, Univ. Jayabaya
o Rizal Mallarangeng - CSIS
o Budi Munawar Rahman - Paramadina
o Taufiq Adnan Amal - IAIN Alauddin Makassar
o Hamid Basyaib - Yayasan Aksara
o Ulil Abshar Abdalla - Lakpesdam NU
o Luthfi Assyaukanie - Paramadina
o Ade Armando - UI
o Syamsurizal Panggabean - UGM
o Ihsan Ali Fauzi - Ohio University
o Syaiful Mujani - Ohio University
o Mohammad Arkoun - University of Sorbone Perancis
o Sadeq Jalal Azam - Damascus University Suriah
BAB III
CARA UNTUK MENGHINDARI PENGARUH DARI ALIRAN SESAT
Pagari Akidah Anda
Dilaporkan
bahwa Ahmadiyah mengaku jemaat mereka di Indonesia berjumlah ± 200.000
jiwa, ini artinya dalam setiap 200 orang islam di Indonesia, 1 orang
telah disesatkan oleh Ahmadiyah, ini kalau kita katakan Muslim di
Indonesia 200 juta orang, padahal jumlah sebenarnya kurang dari itu.
Belum
lagi yang disesatkan oleh aliran-aliran lainnya, semisal; liberalisme,
sekularisme, sosialisme, LDII, Syi'ah, inkar sunnah, Jamaah Salamullah,
Islam murni, dan lain-lain.
Kenyataan
ini membuat bulu kuduk kita berdiri, kita hidup di zaman fitnah dimana
seseorang beriman di waktu pagi dan menjadi kafir di waktu sore, beriman
di waktu sore dan menjadi kafir di waktu pagi.
Oleh karena itu lakukanlah langkah-langkah berikut, semoga Allah menetapkan kaki kita menapaki jalan-Nya yang lurus :
1. Kenalilah agama anda lebih mendalam lagi.
Manfaatkan
keberadaan anda di perantauan ini dengan menuntut ilmu, mengikuti
majelis-majelis taklim, kuliah studi islam, membaca buku islami,
mendengarkan kaset-kaset ceramah agama, yang dapat menambah pengetahuan
anda tentang agama .Allah, dan menambah kedekatan anda dengan
kitabullah dan sunnah Rasulullah. Kami pernah bertemu dengan salah
seorang da'i aliran sesat, ketika kami minta untuk tilawah Al Qur'an
ternyata bacaannya seperti orang yang belum tamat belajar Iqra', dengan
demikian kami yakin dia disesatkan karena ketidaktahuannya (kealpaannya)
dengan agamanya, kemudian karena sedikit bisa berdiplomasi maka
dinobatkan sebagai da'i.
2. Pererat hubungan anda dengan ustadz (orang yang anda yakini kebenaran akidahnya).
Mungkin
anda tidak sempat mengikuti majelis taklim dan kuliah, akan tetapi anda
dapat mendiskusikan (bertanya) kepada para ustadz-ustadz melalui
telepon atau sms untuk hal-hal yang musykil bagi anda dalam masalah
agama.
Logikanya,
andai seekor anjing disanjung Allah dalam Kitab Suci-Nya lantaran
keakrabannya dengan 7 orang pemuda shalih, apatah lagi seorang bani Adam
yang memang telah dimuliakan Allah.
3. Bertemanlah dengan orang-orang yang mengingatkan anda akan Allah.
Kalau
saja anda tidak bisa menghadiri majelis taklim, kuliah serta sungkan
bertanya kepada para ustadz, pererat hubungan anda dengan teman sejawat
yang mengikuti aktivitas-aktivitas keislaman tersebut, semoga anda
mendapatkan bau wangi dan wewangian dari mereka di Dunia dan Akhirat.
Jangan
sampai anda beranggapan bahwa tidak akan terjerat oleh
kelompok-kelompok sesat, walau tanpa melakukan salah satu
langkah-langkah di atas, dalam kata lain: anda menghindar dari majlis
taklim, tidak bertanya kepada ustaz dan tidak berteman dengan
orang-orang aktif telah bersabda bahwa serigaladalam keislaman. Karena
dalam permisalannya Nabi hanya memangsa domba yang tertinggal dari
rombongan.
4. Baca dan Pelajari Al Qur’an dan Hadits
“Kitab Al Quran ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa” [Al Baqarah:2]
”Hai
orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah RasulNya, dan ulil amri
di antara kamu. Jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu,
kembalikanlah ia pada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu
benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu
lebih utama bagimu dan lebih baik.” [An Nisaa’:59]
“Aku
telah meninggalkan pada kamu dua hal. Kitab Allah dan sunnahku, kamu
tidak akan sesat selama berpegang padanya. (Riwayat Tirmidzi)
Dalam
Al Qur’an ada perintah sholat, zakat, puasa, haji, berbuat baik, dan
sebagainya. Dalam Al Qur’an juga ada larangan berzina, mencuri,
berpecah-belah, fanatik golongan, dan sebagainya. Dalam Hadits juga
dijelaskan bermacam-macam perintah dan larangan Allah.
Jika
ucapan dan tindakan pemimpin dan anak buahnya bertentangan dengan Al
Qur’an dan Hadits (misalnya sholat hanya 1 kali atau mengajarkan
perzinahan) maka mereka adalah kelompok sesat.
Jika
meragukan kebenaran Al Qur’an maka dia sesat. Contohnya paham
Liberalisme yang meragukan Al Qur’an berdasarkan hadits palsu yang
dibuat oleh orientalis:
“Kitab Al Quran ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa” [Al Baqarah:2]
“Dan
jika kamu tetap dalam keraguan tentang Al Quran yang Kami wahyukan
kepada hamba Kami (Muhammad), buatlah satu surat yang semisal Al Quran
itu dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang
yang benar. “ [Al Baqarah:23]
“Dan sesungguhnya mereka (orang-orang kafir Mekah) dalam keraguan yang menggelisahkan terhadap Al Quran.” [Huud:110]
Jika mengingkari Hadits/Sunnah Nabi maka sesat. Kelompok ini termasuk kelompok Ingkar Hadits/Sunnah
”Hai
orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan
ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang
sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul
(sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari
kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik
akibatnya.” [An Nisaa’:59]
“Aku
telah meninggalkan pada kamu dua hal. Kitab Allah dan sunnahku, kamu
tidak akan sesat selama berpegang padanya. (Riwayat Tirmidzi)
5. Hati-hati dalam menafsirkan Al Qur’an
Ciri Aliran sesat adalah menafsirkan Al Qur’an semaunya untuk menimbulkan perpecahan.
Ayat
Al Qur’an yang jelas tidak perlu ditafsirkan lagi. Ada pun Ayat Al
Qur’an yang kurang jelas ditafsirkan dengan memakai ayat Al Qur’an lain
yang berkaitan. Jika tak ada dengan hadits Nabi yang sahih.
“Dia
menurunkan Al Quran kepadamu. Di antaranya ada ayat yang muhkamaat
[jelas], itulah pokok isi Al qur'an dan yang lain ayat mutasyaabihaat
[tak jelas]. Orang yang condong pada kesesatan mengikuti ayat-ayat yang
mutasyaabihaat untuk menimbulkan fitnah dengan mencari-cari artinya,
padahal tak ada yang tahu selain Allah. Orang yang dalam ilmunya
berkata: "Kami beriman kepada ayat yang mutasyaabihaat, semua itu dari
Tuhan kami." [Ali ‘Imran:7]
BAB IV
KESIMPULAN
Dari uraian – uraian yang ada di bab sebelumnya, dapat ditarik kesimpulan mengenai aliran sesat adalah sebagai berikut :
1.
Aliran sesat didefinisikan sebagai aliran yang menyimpang dari
mainstream masyarakat, namun batasan ini menjadi rancu karena kriteria
kesesatan bersifat multikriteria. Aliran hanya dapat dinyatakan sebagai
sesat apabila mengacu pada satu kumpulan kriteria yang dinyatakan secara
apriori sebagai “tidak sesat”.
2. Sepuluh Kriteria Aliran Sesat
1) Mengingkari rukun iman dan rukun Islam
2) Meyakini dan atau mengikuti akidah yang tidak sesuai dalil syar`i (Alquran dan as-sunah),
3) Meyakini turunnya wahyu setelah Alquran
4) Mengingkari otentisitas dan atau kebenaran isi Alquran
5) Melakukan penafsiran Alquran yang tidak berdasarkan kaidah tafsir
6) Mengingkari kedudukan hadis Nabi sebagai sumber ajaran Islam
7) Melecehkan dan atau merendahkan para nabi dan rasul
8) Mengingkari Nabi Muhammad SAW sebagai nabi dan rasul terakhir
9) Mengubah pokok-pokok ibadah yang telah ditetapkan syariah
10) Mengkafirkan sesama Muslim tanpa dalil syar’i
3. Perbedaan Pendapat dan Perpecahan yang Menjadi pengaruh munculnya aliran sesat :
1) Ghuluw (berlebih-lebihan dalam bersikap),
2) Membantah bid'ah dengan bid'ah yang semisal,
3) Pengaruh dari luar Islam, contoh
4) Mengedepankan akal.
5) Filsafat Yunani
6) Ulama yang beraqidah menyimpang,
7) Kebodohan kaum Muslimin.
8) Tidak memiliki standar pemahaman yang benar.
9) Ikhtilaf yang didasari hawa nafsu.
10) Rasa Ashabiyah (fanatisme golongan).
11) Hasad (dengki)
12) Kecenderungan menyuburkan bid'ah dan hawa nafsu.
13) Menuhankan akal dan menomorduakan naql (dalil).
14) Pengaruh eksternal.
4. Aliran sesat yang berkembang di Indonesia
1) Aliran Pembaharu Isa Bugis
2) Faham Inkar Sunnah
3) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII)
4) Agama Ahmadiyah
5) Gerakan Syi'ah
6) Gerakan Lembaga Kerasulan (LK)
7) Ajaran Lia Aminuddin, Agama Salamullah
8) Ajaran Bijak Bestari
9) Agama (faham) Baha'i
10) Tarekat Naqsyabandiyyah Prof. DR. Kadirun Yahya.
11) Islam Liberal
5. Cara untuk menghindari pengaruh dari aliran sesat
1) Kenalilah agama anda lebih mendalam lagi
2) Pererat hubungan anda dengan ustadz (orang yang anda yakini kebenaran akidahnya).
3) Bertemanlah dengan orang-orang yang mengingatkan anda akan Allah.
4) Baca dan Pelajari Al Qur’an dan Hadits
5) Hati-hati dalam menafsirkan Al Qur’an
Daftar Pustaka
Dirasatul Firaq.(2007).Kajian tentang Aliran Aliran Sesat Dalam Islam.Tim Ulin Nuha Ma'had Aly An Nur.Pustaka Arafah. Surakarta.
http://magistraindonesia.multiply.com/journal/item/3/ALIRAN_SESAT_DALAM_JAGAD_KEMAPANAN_BERAGAMA
Tarmizi Erwandi.(2007).Aliran Sesat.IslamHouse.com
MUI.10 Kriteria aliran sesat.www.mui.or.id