Monday, November 12, 2012

MAKALAH TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SERTA DAMPAK NEGATIFNYA


KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah berkenan memberi petunjuk dan kekuatan kepada penulis sehingga makalah “Teknologi Informasi dan Komunikasi” ini dapat diselesaikan.

Makalah ini disusun dan dibuat berdasarkan materi – materi yang ada. Materi – materi bertujuan agar dapat menambah pengetahuan dan wawasan siswa dalam belajar teknologi informasi dan komunikasi. Serta siswa juga dapat memahami nilai – nilai dasar yang direfleksikan dalam berpikir dan bertindak

Mudah-mudahan dengan mempelajari makalah ini, para siswa akan mampu menghadapi masalah-masalah atau kesulitan-kesulitan yang timbul dalam belajar Teknologi Infomasi dan Komunikasi. Dan dengan harapan semoga siswa mampu berinovasi dan berkreasi dengan potensi yang dimiliki,

Jember, 05 Oktober 2011

Penulis

Hasyim Ali Shahab



DAFTAR ISI

Kata Pengantar .............................................................................................1

Daftar Isi 2

BAB I Pendahuluan 3

A. Latar Belakang Masalah 3

B. Tujuan 3

BAB II Pembahasan 3

1. Dampak Positif Teknologi 4

2. Dampak Negatif Teknologi 4

BAB III Penutup 5

1. Kesimpulan 5

2. Saran-Saran 5

Daftar Pustaka 6



BAB I

PENDAHALUAN

DAMPAK PENGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

A. Latang Belakang Masalah

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan kita sehari –hari sekarang ini sangat pesat sekali, baik mencari informasi maupun menerima informasi sehingga dapat membantu manusia memudahkan permasalahan yang sedang dihadapinya. Pada era teknologi informasi dan komunikasi sekarang ini, komunikasi merupakan hal yang sangat penting sekali. Komunikasi sangat dibutuhkan dalam kehidupan seseorang , bisnis, pendidikan.

Di lembaga pendidikan siswa disekolah mendapat pelajaran teknologi informasi dan komunikasi . seperti mempelajari computer dan internet. didalam pengoperasian internet dan computer ini penulis akan membahas dampak pengunaan teknologi informasi dan komunikasi.

B. Tujuan

Dalam pengunaan alat – alat teknologi informasi dan komunikasi ini, diminta kepada si pengguna tidak salah dalam menggunakannya karena apapun dengan mudah bisa kita terima. Untuk itu penulis akn membahan masalah dampak positif dan negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.

BAB II

PEMBAHASAN

DAMPAK POSITIF PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Perkembangan teknologi informasi dan kumunikasi dapat meningkatkan kehidupan manusia, yang berarti keberadaan teknologi infomasi dan komunikasi dapat memberi mamfaat atau keuntungan bagi kehidupan manusia. Ketika mengunakan telepon, menonton televisi, mengerjakan tugas dengan computer dan mengunakan fasilitas internet, sehingga apapun masalah kita sangat mudah kita atasi.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memungkinkan dan memudahkan manusia untuk dapat saling berhubungan dengan cepat, mudah dan terjangkau. Informasi dari belahan dunia lain dengan mudah dapat diterima dengan cepat , aktivitas komunikasi antar dua tempat yang berjauhan menjadi lebih mudah dan cepat dengan mudah mengunakan alat – alat teknologi komunikasi dan komunikasi.

Dalam bidang pendidikan, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berpotensi untuk membangun masyarakat yang demokratis, hal ini ditandai adanya hubungan guru dengan siswa , guru dan guru, dan antara guru,siswa, orang tua dan masyarakat dalam kaitannya dengan proses pendidikan dalam dan diluar sekolah .

DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sering dianggap sebagai kebaikan atau kemudahan bagi para penggunanya. Namun, ketika nalar, kemampuan dan iman kita belum memadai atau tidak siap untuk mengikuti perkembangan tersebut, apakah kemudahan atau kebaikan yang dijanjikan bisa menjadi kenyatan dan bisa dinikmati.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tidak hanya menimbulkan efek positif yang kontruktif (membangun), tetapi juga menimbulkan efek negatif yang destruktif ( merusak). Efek negative tersebut disebabkan oleh perkembangan keimanan dan ketaqwaan (IMTAQ) tak seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Penguasaan IPTEK bahkan digunakan untuk menggali prosedur –prosedur yang jujur sehingga lahirlah cyber crime ( pembajakan kartu kredit). Selain itu, penguasaan IPTEK malah digunkan untuk memuaskan hasrat duniawi sehingga lahirlah cyber porn ( penyebaran aktivitas penyimpangan seksual dalam bentuk teks, gambar, maupun audio visual).

Adapun efek negatif lainnya dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi adalah semakin maraknya aktivitas pembajakan program computer dan VCD, CD, DVD aktifitas tersebut merupaan tindak kriminalitas yang diatur oleh undang –undang karena termasuk kegiatan ilegal yang secara financial dapat merugikan pihak lain

BAB III

PENUTUP

1. Kesimpulan

Penguna teknologi informasi dan komunikasi dalam pemamfaatannya hendaknya didasari oleh nilai – nilai keimanan dan ketaqwaan, etika dan estitika, dan kearifan para pemakainya. Hanya mengembangakan nilai –nilai seperti itu, dampak negatif dari pemafaatan teknologi informasi dan komunikasi khususnya internet dapat diminimalkan terutama bagi generasi muda yang masih dalam masa pertumbuhan dan pencarian indentitas diri.

2. Saran – Saran

• Dalam pengunaan alat TIK diminta kepada penguna yang dibawah umur, harus ada bimbingan dari orang tua dan siswa disekolah bimbingan dari guru

• Bagi para penguna yang lain gunakanlah sesuai dengan kegunaan nya masing masing

• Khusus bagi lembaga pendidik untuk dapat memblokir situs –situs yang tidak boleh dibuka.



DAFTAR PUSTAKA

1. Lia Kuswanto. 2006 dkk Mahir Berkomputer

2. Nugraha,Aries Setya.2004. Teknologi Informasi dan Komunikasi

No comments:

Post a Comment