Sebarkan Ilmu Untuk Indonesia Yang Lebih Maju

PENGAPLIKASIAN TEKNOLOGI DALAM KEHIDUPAN


KATA PENGANTAR

    Puji dan syukur kita panjatkan kehadiran Tuhan yang maha Esa maka makalah ini dapat terselesaikan dengan baik. Makalah ini merupakan salah satu dasar pemikiran mengenai apakah sebenarnya teknologi dan  komunikasi itu dan bagaimanakah aplikasinya di dalam kehidupan kita sehari-hari. Dari waktu ke waktu, perkembangan teknologi dan komunikasi berkembang dengan pesatnya dan hal ini merupakan suatu tuntutan bagi kita semua untuk terjun langsung di dalamnya. Jika kita membandingkan teknologi dari zaman dahulu dengan zaman sekarang tentulah perbedaanya begitu jauh. Ini disebabkan karena semakin ke atas tingkat zaman dan keperluan setiap orang, maka efisiensi dan keefektifan suatu teknologi harus diperhitungkan.
    Telah kita rasakan bahwa teknologi pada zaman sekarang telah jauh sangat maju. Contohnya saja dalam penggunaan teknologi komunikasi, banyak orang yang telah menggunakan handphone atau ponsel dalam menjalankan aktivitasnya setiap hari. Bandingkan saja jika kita putar masa yang tidak jauh sebelumnya, di mana kita menggunakan telepon rumah atau telepone umum yang menggunakan kabel untuk berkomunikasi. Dilihat dari efisiensinya telepone kabel tidak begitu efektif karena tidak efisien serta memakan biaya yang sangat mahal dan tidak dapat dibawa ke mana saja. Di zaman kita sekarang telah muncul teknologi komunikasi yang lebih efisien dari sebelumnya. Orang-orang telah beralih kepada handphone genggam atau ponsel. Selain lebih efektif karena dapat dibawa ke mana saja dan harganya mudah dijangkau, biaya pemakaiannyapun jauh lebih murah dibandingkan penggunaan telepone kabel yang setiap bulannya dapat membengkak tanpa kita sadari. Sehingga betapa pentingnya perkembangan teknologi bagi masyarakat banyak. Oleh karena itu, mudah-mudahan saja makalah ini dapat bermanfaat bagi kita sekalian khususnya para pengguna teknologi yang selalu memanfaatkannya demi menunjang kehidupan kita sekalian.
    Akhir kata saya dari penulis mengucapkan terima kasih atas pemanfaatan makalah ini sebaik-baiknya.
   
    SUMATRA SELATAN, 18 Februari 2008


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR    2
DAFTAR ISI    3

BAB I.     PENDAHULUAN
A.    GAMBARAN UMUM        4
B.    PERMASALAHAN        6
C.    TUJUAN PERMASALAHAN        7

BAB II.     TINJAUAN TEORI
A.    APLIKASI PADA BIDANG KEHIDUPAN        8            8
B.    APLIKASI PADA BIDANG EKONOMI        9
C.    APLIKASI PADA BIDANG PEMBERDAYAAN TENAGA KERJA    10
D.    APLIKASI PADA BIDANG LINGKUNGAN HIDUP    11

BAB III.    ANALISIS DAN PEMBAHASAN
A.    PERKEMBANGAN TEKNOLOGI        12
B.    MANFAAT TEKNOLOGI        13
C.    KEBIJAKSANAAN DALAM PEMANFAATAN TEKNOLOGI    14   

BAB IV.    KESIMPULAN
A.    SARAN        15
B.    PENUTUP        15

DAFTAR PUSTAKA        16

LAMPIRAN            17

BAB I
PENDAHULUAN

A.    GAMBARAN UMUM MENGENAI TEKNOLOGI
    Dalam kehidupan kita sehari-hari, kita sering sekali mendengar istilah teknologi dan komunikasi. Ini tidak dapat kita pungkiri karena kita selalu menggunakan kedua alat tersebut. Teknologi tersebut tidak mengenal tua muda, besar kecil, dan miskin atau kayanya seseorang tetapi kita di sini harus dituntut untuk menguasai teknologi dan komunikasi supaya kita tidak mengalami ketertinggalan.
    Teknologi dan komunikasi sangat berkaitan erat  satu sama lain. Oleh karena itu keduanya tidak dapat dipisahkan. Karena sulit sekali suatu komunikasi tanpa menggunakan teknologi. Misalkan saja betapa sulitnya jika dalam berkomunikasi jarak jauh dengan kerabat, teman atau keluarga, kita tidak menggunakan handphone atau telepone sebagai teknologinya. Oleh karena itu banyak orang berbondong-bondong ingin membelinya agar mereka dapat berkomunikasi dengan relasi-relasi mereka yang berada di tempat yang jauh.
    Zaman menuntut kita untuk menguasai ilmu dan teknologi yang ada dan berkembang sekarang ini. Jika dalam hal pengetahuan teknologi, kita sudah selangkah lebih maju dari orang lain, maka kita akan dicap sebagai orang yang maju dalam teknologi. Coba bandingkan dengan orang yang tak tahu apa-apa dengan teknologi, mereka pasti akan dicap sebagai orang yang kolot atau orang yang kurang dalam hal teknologi (gagap teknologi). Ini bukan sekedar opini belaka, dan memang fakta mengatakan bahwa seseorang yang selalu mengikuti perkembangan zaman akan lebih mudah dalam kehidupannya. Oleh karena itu, betapa pentingnya penguasaan teknologi demi menunjang kehidupan dan aktivitas kita.
    Masyarakat telah terpengaruh dalam arus perkembangan teknologi dan komunikasi. Seiring berjalannya waktu, banyak perusahaan-perusahaan yang sudah mulai bersaing mengeluarkan berbagai jenis produk-produk teknologi terbaru untuk dimanfaatkan bagi masyarakat. Dapat di lihat di bidang industri komunikasi seperti perusahaan handphone. Bayangkan saja, setiap waktu para pengusaha tersebut terus memikirkan bagaimana suatu produk yang mereka ciptakan itu dapat benar-benar menarik perhatian masyarakat dan berguna bagi kehidupan. Lalu munculah berbagai macam jenis handphone yang dilengkapi berbagai macam fasilitas-fasilitas yang canggih. Handpone pertama yang keluar adalah tipe monocrome, namun pada zaman sekarang tipe monocrome hampir-hampir tak ditemukan lagi karena tipe polyphoenix sudah bermunculan sehingga menekan produk-produk lama. Maka, kita sebagai pengguna dapat melihat secara tak langsung bahwa semakin hari produk-produk teknologi semakin berkembang dan tak dapat dipungkiri, kitapun ikut terpengaruh di tengah banjirnya perubahan itu.
    Sebagai masyarakat awam, kita mungkin sedikit terkejut dengan adanya perubahan ini. Tetapi kita juga harus dapat membaca perubahan tersebut secara bijaksana dan memanfaatkannya sebaik mungkin agar kita tidak terlarut ke dalam keterpanaan teknologi yang semakin mengagumkan. Namun ada kalanya kita selalu belajar, supaya kita tidak terseret terlalu jauh ke dalam dampak negatif yang ditimbulkannya. Oleh karena itu, supaya kita tidak salah memanfaatkan teknologi dan komunikasi, kita harus benar-benar paham apa saja fungsi dan manfaat teknologi bagi kehidupan kita. Sehingga, teknologi dan komunikasi bisa menjadi pelengkap yang kuat dalam menunjang kemajuan dan kehidupan kita.

B.    PERMASALAHAN
    Perkembangan teknologi dan komunikasi sangat begitu penting di dalam menunjang keberlangsungan hidup kita. Hal ini telah kita rasakan betapa nyatanya kemudahan-kemudahan yang diberikan teknologi-teknologi tersebut. Dahulu akses-akses dalam pencarian sumber informasi dan data-data begitu sulit untuk diperoleh. Kita harus pergi ke perpustakaan untuk memperoleh semuanya itu. Namun dengan adanya teknologi internet, akses-akses pencarian data menjadi lebih mudah dilakukan dan menjadi sangat tidak terbatas. Internet telah menghubungkan segala ujung dunia di dalam suatu sistem netting, di mana dengan sistem itulah kita dapat menemukan segala informasi-informasi yang ada. Bahkan secara pribadi, kita sendiri telah dapat memanfaatkan teknologi internet itu di rumah kita masing-masing. Jika sudah seperti demikian, maka semua jarak yang terasa jauh akan dirasakan semakin dekat seolah-olah jarak yang menjadi tembok pemisah tersebut runtuh seketika saat teknologi internet muncul. Tidak hanya perkembangan teknologi internet saja, di bidang otomotif telah ditemukan mesin-mesin yang lebih hebat dibandingkan dengan mesin-mesin keluaran lama.
    Di bidang komunikasi, kini telah keluar sistem 3 G (three G) atau Third Generation technology yang merupakan teknologi terbaru yang mengacu pada sistem telepone nirkabel (wireless). Dengan adanya 3 G kita sudah dapat menggunakan handphone dengan akses kecepatan tinggi (high speed). Selain itu dengan adanya 3 G, kita dapat menghubungi teman kita dengan juga menerakan wajah kita melalui kamera yang ada di handphone kita (Video Call). Ini lebih canggih dari pada MMS yang hanya memunculkan gambar saja.
    Dengan munculnya berbagai macam teknologi ini, apakah kita mampu memanfaatkannya sebaik mungkin. Atau justru dengan adanya teknologi tersebut justru dapat mengganggu kehidupan kita. Hal ini tergantung kita sendiri sebagai user dalam memanfaatkani teknologi tersebut.
C.    TUJUAN PERMASALAHAN

    Seperti kita ketahui bahwa kita hidup dikelilingi oleh teknologi-teknologi yang ada di sekeliling kita. Dan kita juga mengetahui betapa besar pengaruh perkembangan teknologi tersebut. Karena pengaruh itulah, kita harus selalu berantisipasi karena jika kita tidak memanfaatkan teknologi sebaik mungkin, mungkin saja teknologi tersebut dapat membawa kerugian bagi kita. Banyak orang menggunakan Handphone, tapi justru malah disalahgunakan dengan istilah yang sering kita dengar “miss call”. Ini merupakan penyelewengan teknologi yang sangat mengganggu. Coba bayangkan apabila setiap orang mempunyai kebiasaan seperti ini, para pengusaha handphone yang semula ingin menjadikan produknya tersebut sebagai sarana komunikasi, justru secara tidak langsung disalahkan atas dilema yang terjadi tersebut. Oleh karena itu, masalah penyalahgunaan teknologi ini menjadi tujuan permasalahan yang  ideal untuk dibahas dalam makalah ini. Sehingga bagi para pembaca dapat terbuka wawasannya agar dapat memanfaatkan teknologi sebaik mungkin supaya teknologi tersebut dapat menjadi penunjang yang sangat baik demi kelancaran aktivitas kita. 
BAB II
TINJAUAN TEORI
       
A.    APLIKASI PADA BIDANG KEHIDUPAN
    Dalam bidang kehidupan, teknologi sangat diperlukan untuk menunjang segala kegiatan yang kita lakukan. Misalkan saja contohnya: teknologi surat. Pada zaman dahulu, banyak orang-orang dari satu daerah dan daerah yang lain menggunakan sistem pengiriman surat melalui tenaga manusia, yakni dengan pengiriman dengan perahu dari satu pulau ke pulau lain atau dari satu wilayah ke wilayah lain. Kemudian semakin hari zaman semakin berubah, orang memanfaatkan kepintaran seekor burung merpati untuk mengirimkan surat. Namun ada kendala pada hewan yang satu ini. Jika angin bertiup kencang atau tiba-tiba hujan lebat di tengah pengiriman, si burung akan kembali lagi ke tempat asal di mana orang mengirimkan surat tersebut. Jadi, hal tersebut kadang menjadi tidak efisien, apalagi burung merpati tidak dapat mengirimkan barang-barang besar. Kemudian, zaman semakin maju dan ditemukanlah mesin faksimile dan sistem post kilat. Teknologi ini sudah cukup baik dan cepat di mana waktu untuk mengirimkan pesan berjalan tidak terlalu lama. Di zaman informasi teknologi sudah semakin sangat maju, internetpun muncul. Sehingga untuk transfer surat bisa dilakukan sendiri dan biayanyapun jauh lebih hemat. Aplikasinya telah dimanfaatkan di mesin-mesin ATM, Credit Card, Handphone dan lain-lain. Teknologi-teknologi ini dipakai dalam aspek kehidupan kita sehari-hari. (Sumber: www.pontianakpost.com)

B.    APLIKASI PADA BIDANG EKONOMI
    Teknologi yang kita gunakan saat ini tidak lepas dari adanya persaingan bisnis. Ini terlihat dari berbagai teknologi menerakan sebuah label pembuatan atas nama instansi tertentu ataupun dari negara tertentu. Biasanya itu ditunjukan dengan adanya peneraan kata “Made in …..”. Melihat hal tersebut sangat jelas sekali bahwa setiap perusahaan teknologi memanfaatkan label tersebut sebagai peluang bisnis. Semakin menarik suatu teknologi dan service yang disajikan, maka semakin besar pula keuntungan yang diperoleh dari penjualan teknologi tersebut.
    Semakin baru dan canggih suatu teknologi, maka harganyapun sangat mahal. Fakta ini tidak dapat disangkal, karena memang benar demikian bahwa harga suatu teknologi setiap waktunya akan mengalami variasi. Jika teknlogi yang baru muncul, maka teknologi lama akan semakin murah, sedangkan teknologi yang baru akan semakin mahal karena masih hangat-hangatnya. Mengingat bahwa mayoritas orang khususnya orang perkotaan tidak dapat lepas dari  adanya teknologi sehingga sebesar apapun harga yang ditawarkan kepada konsumen, karena kebutuhan akan teknologi ini begitu besar akhirnya orang tanpa pikir lagi untuk membelinya. Kondisi seperti ini sangat ideal bagi para pesaing bisnis yang berkecimpung di bidang teknologi, karena peluang untuk teknologi selalu terbuka dengan sangat luas untuk memperoleh keuntungan sebesar-besarnya.
    Selain pemanfaatan teknologi dalam hal persaingan bisnis, pemanfaatan teknologi di bidang ekonomi juga cukup besar. Mesin ATM yang sekarang sangat bermanfaat bagi perbankan di negara kita. Tanpa ATM kita akan sulit untuk mentransfer uang kita sehingga sirkulasi mata uang akan terhambat. Dengan adanya mesin ATM dan berbekal sebuah kartu dengan teknologi scanning magnet, kita dengan mudah mentransfer dana dari satu tempat ke tempat lain secara cepat. Kita dapat membawa akses ATM dengan kartu kredit, master card, ATM card. Dengan ukurannya yang minimalis, sehingga banyak sektor-sektor ekonomis memanfaatkannya sebagai sarana transaksi. Sektor-sektor itu antara lain: Mall, Super Market, Mini Market dan tempat transaksi jual beli lainnya.

C.    APLIKASI PADA BIDANG PEMBERDAYAAN TENAGA KERJA
    Untuk menghasilkan teknologi terbaru diperlukan para ahli yang memang mampu untuk menciptakannya. Dengan adanya pendidikan yang diberikan sejak dini tentang teknologi dapat menghindari adanya gagap teknologi. Semakin tinggi jenjang pendidikan seseorang, dia harus semakin mapan juga dalam penguasaan teknologi.
    Dalam memperoleh pekerjaan, penguasaan teknologi sangat diperlukan. Di samping sebagai jaminan mutu  potensi kerja suatu pribadi, penguasaan teknologi ini bertujuan juga supaya dalam melaksanakan tugasnya, seseorang bisa menjadi lebih profesional. Misalkan saja di iklan-iklan baris yang ada di surat kabar. Coba Anda baca saja kolom lamaran kerja, dalam menawarkan pekerjaan paling tidak kita diharuskan menguasai teknologi di bidang yang digeluti. Di bidang teknologi pangan dan gizi, kita harus menguasai mesin-mesin pengolahan pangan dan tahu bagaimana cara mengolah makanan dengan teknologi yang ada. Di bidang perkantoran, seorang karyawan paling tidak tahu dan mengerti cara mengoperasikan komputer dasar, jika tidak dapat menguasainya tak mungkin orang tersebut dapat diterima oleh perusahaan terkait karena itu merupakan suatu tuntutan untuk perusahaannya.
    Semakin ahli seseorang pada suatu teknologi, maka harga profesionalitasnya akan semakin tinggi. Fakta ini juga tidak dapat disangkal karena semakin besar pengetahuan dan keahlian kita akan suatu teknologi, begitu mudah bagi kita untuk memperoleh pekerjaan. Keahlian di dalam bidang teknologi sangat mutlak diperlukan supaya dalam menjalankan pekerjaannya, dia tidak perlu lagi melakukan pelatihan karena berbekal pendidikan akan teknologi sudah mampu membuatnya bekerja dengan kinerja yang begitu profesional. Oleh karena itu, mental penguasaan teknologi sekarang menjadi titik berat dalam menggali karier  di segala bidang. Dengan adanya keahlian akan teknologi, tak perlu diragukan lagi. Peluang kerja kita terbuka secara luas. Intinya keahlian adalah kunci utama dalam memperoleh kesuksesan.

D.    APLIKASI PADA BIDANG LINGKUNGAN HIDUP
    Lingkungan hidup kita memerlukan teknologi khusus agar keberlangsungannya tetap terjaga. Polusi yang terjadi semakin besar di sekeliling kita membuat kerusakan lingkungan hidup bagi alam kita. Kita sebagai penghuninya tak mungkin hanya diam saja. Oleh karena itu muncullah teknologi muktahir yang digunakan untuk memulihkan lingkungan hidup.
    Industri adalah bidang yang berpotensi besar dalam kerusakan lingkungan. Karena asap-asap dari pabrik-pabrik bahan organik maupun non-organik dapat menyebabkan kerusakan pada sistem udara. Untungnya sekarang sudah ada teknologi penyaring udara yang terpasang di setiap cerobong asap pabrik-pabrik. Paling tidak dapat mencegah terjadinya polusi udara besar-besaran.
    Di bidang pertambangan, teknologi juga sangat diperlukan. Terutama dalam hal menjaga kerusakan ekosistem di sekitar area pertambangan. Untuk menggali, orang tidak lagi memerlukan tenaga berlebihan untuk mencangkul. Dengan adanya teknologi mesin derek, orang hanya tinggal diam menyetir dan menggali melalui kursi mesin derek.
    Teknologi dibidang ilmu pengetahuan Alam untuk mengatasi permasalahan lingkungan sudah diintensifkan. Teknologi kimia untuk menyaring struktur merkuri dimanfaatkan supaya limbah merkuri tidak mencemari air.
BAB I
ANALISIS DAN PEMBAHASAN
A.    PERKEMBANGAN TEKNOLOGI
    Sudah kita baca di atas aplikasi-aplikasi teknologi di sekeliling kita. Dan pengaruhnya juga sangat luar biasa bagi aktivitas kita. Perkembangan teknologi yang terjadi di sekeliling kita adalah suatu inovasi yang berjalan secara alami dan kita sendiri sebagai usernya secara alami pula ikut terpengaruh. Pengaruh-pengaruh ini dapat menyebabkan perubahan-perubahan yang spesifik di dalam kehidupan kita. Di mana ruang dan waktu menjadi lebih singkat dengan adanya teknologi. Kita beruntung menjadi makhluk yang memiliki daya kreasi dan cipta yang tinggi. Sehingga kemampuan kita itu dapat menjadi dinamis dalam menghasilkan teknologi-teknologi terbaru untuk dimanfaatkan bagi kehidupan kita.
    Manusia kadang kala memiliki ambisi khusus dalam menggunakan teknologi. Di mana teknologi itu memiliki manfaat  agar mempermudah jalannya suatu kehidupan dan aktivitas. Namun ada juga orang yang memanfaatkan teknologi untuk kepentingan diri sendiri dan kadang merugikan orang lain. Misalkan saja: teknologi nuklir. Kita tahu bahwa aplikasi teknologi nuklir adalah sebagai pembangkit tenaga listrik. Namun ketakutan besar akan bermunculan ketika aplikasinya dialihkan sebagai senjata pemusnah. Sudah bijaksanakah kita akan pemanfaatan teknologi tersebut?
(sumber: http://www.walhi.or.id/kampanye/energi/pltn/)
B.    MANFAAT TEKNOLOGI
    Adapun manfaat teknologi secara umum, antara lain:
•    Memberikan kemudahan bagi pengguna (user)
•    Membuat pekerjaan menjadi lebih singkat dan cepat
•    Pekerjaan menjadi lebih efisien

Sedangkan manfaat teknologi secara khusus, antara lain:
•    Dalam keluarga, pemanfaatan teknologi secara dini akan mendidik anak supaya terbiasa akan teknologi
•    Teknologi menjadi sarana eksplorasi untuk menambah wawasan
•    Menghubungkan keefektifan dalam pekerjaan
C.    KEBIJAKSANAAN DALAM PEMANFAATAN TEKNOLOGI
    Agar teknologi bukan sekadar alat, atau bahkan “memperalat” kehidupan manusia seyogianya kita menyadari hubungan antara manusia dengan teknologi itu sendiri. Menarik adalah pendapat Bambang Sugiharto (2002) yang meyakini bahwa memang teknologi tidak bisa dilihat sebagai entitas yang terpisah dari realitas hidup manusia. Menurut Bambang, teknologi bisa ada “di dalam” tubuh manusia, (teknologi medis, teknologi pangan), “di samping” (telepon, faks, komupter, “di luar” (satelit), menjadi tempat tinggal (ruangan ber-AC). Relasi mutual ini tentu membawa realitas yang kompleks. Kenyataan lebih besar juga harus kita lihat secara jeli: sains, teknologi dan kultur telah bercampur aduk dalam kesatuan entitas. Dari sinilah kemudian kondisi objektif ini merekomendasikan pelaku bisnis di era teknologi modern harus mampu menangkap esensi hubungan. Tanpa kemampuan dan kejernihan melihat realitas itu niscaya gerak bisnis, baik gerak perusahaan maupun gerak kepemimpinan dan inisiatif tidak akan mencapai sasaran.
    Demikianlah juga kita sebagai manusia harus tetap mempertimbangkan secara bijaksana agar penyatuan bermacam-macam aspek tersebut menjadi lebih matematis dan teratur. Orang harus benar-benar paham apa  sebenarnya manfaat teknologi tersebut bagi hidupnya. Dan jangan sampai teknologi tersebut menjadi penghalang atau penghambat untuk melakukan sesuatu. Sehingga pemanfaatan teknologi akan benar-benar terarah pada manfaat yang sebenarnya.


BAB III
KESIMPULAN

A.    SARAN
    Semakin cepatnya perkembangan Teknologi menuntut manusia untuk mencoba membuat perubahan di segala jenis kehidupannya yang tujuannya adalah mendapatkan hasil maupun kondisi yang terbaik yang dapat dicapai. Banyaknya sektor kehidupan yang ada diharapkan membuka inovasi baru bagi kita untuk menciptakan sesuatu yang baru untuk kemajuan peradaban manusia. Namun semua inovasi tersebut hendaknya harus dibatasi oleh aturan hukum negara dan budaya bangsa Indonesia.

B.    PENUTUP
    Semoga makalah ini dapat menggerakkan manusia Indonesia untuk lebih berkarya dan berinovasi sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia sehingga mampu meningkatkan image bangsa di mata bangsa di dunia.

IV . Daftar Pustaka
1.    Materi TOT Technologi Information & Communication oleh Unesco dan Pusnas RI di Yogyakarta 1999
2.    Konsep, Desain dan Implementasi Perpustakaan Elektronik : Integrasi Perpustakaan Terotomasi dan Perpustakaan Digital Untuk Perpustakaan Nasional di Indonesia  Oleh: Ismail Fahmi
3.    Model Implementasi Protokol OAI dalam IndonesiaDLN dan Hubungannya dengan Digital Library di Luar Negeri oleh Rurie Muharto
4.    Alu, A.O. (2000) Effects of Information Technology on Customer Services in the Banking Industry in Nigeria M.B.A Thesis in Management and Accounting, Obafemi Awolowo University, Nigeria.
5.    Coombs, R., Saviotti, P. and Walsh, V. (1987) Economics and Technological Change, Macmillan: London.
6.    Ige, O. (1995) Information Technology in a De-Regulated Telecommunications Environment, Keynote Address, INFOTECH 95. First International Conference on Information Technology Management, Lagos, November 16-17.
7.    Levitt, T. (1992) The Globalization of Markets, in: Transnational Management: Text, Cases and Readings in Cross-Broder Management. Richard D. Irwin.
8.    Smith, Adam (1776): The Wealth of Nations Ugwu, L.O. (1999): Assessment of Impacts of Information Technology on Selected Service
9.    Industries in South Western Nigeria, MSc. Thesis in technology Management, Obafemi Awolowo University, Nigeria.