Wednesday, December 5, 2012

CONTOH SURAT GUGATAN CERAI


GUGATAN REFERTE

Surabaya,10 Mei 2011

Hal: Gugatan Perceraian

Kepada Yth, Bapak Ketua

Pengadilan Agama Surabaya

di-

Tempat

Dengan hormat

            Yang bertanda tangan di bawah ini:

            Nama: Alleia Ananta binti Nazril Irham, umur 35 tahun, agama islam, pendidikan terakhir SMA Malang, pekerjaan karyawan pabrik, bertempat tinggal di jl. Alexandria Rt. 02 Rw. 03 No. 12, Desa Taman Langit, Kecamatan Singosari Kota Surabaya untuk selanjutnya disebut sebagai “Penggugat”

 penggugat dengan ini ingin mengajukan gugatan perceraian terhadap suami saya:

Nama : Mazmul Irfan bin Ilsyah Ryan, umur 40 tahun, agama Islam, pendidikan terakhir S-1 UIN KALIJAGA Jogjakarta, pekerjaan Pegawai Negeri Sipil, bertempat tinggal di Jl. Casablanca Gg.VI No.15, kelurahan kota urip, kecamatan merdeka, kota Surabaya, untuk selanjutnya disebut sebagai “ Tergugat”

Adapun duduknya gugatan sebagai berikut:

    Bahwa penggugat telah melangsungkan perkawinan dengan Tergugat di Kantor Urusan Agama Surabaya pada tanggal 16 September 1999 seperti bukti terlampir, Kutipan akte perkawinan dari Kantor Urusan Agama Surabaya No. 474-2/408 (P1);
    bahwa dari perkawinan ini telah lahir dua orang anak:
    a.Randy Aray
    b. Luna Maya
    Bahwa pada waktu akhir-akhir ini antara penggugat dengan tergugat sudah tidak rukun lagi, mengalami pertengkaran-pertengkaran secara terus menerus yang disebabkan tidak adanya kecocokan lagi.
    Bahwa yang menjadi faktor penyebab terjadinya pertengkaran ini adalah karena tingkh laku tergugat melanggar ta’liq talak.
    Bahwa penggugat telah menghimbau Tergugat untuk memperbaiki dirinya, sehingga timbul perkara-perkara yang terjadinya pertengkaran.
    Bahwa dari hal-hal tersebut di atas, Penggugat berhak menuntut agar perkawinan antara penggugat dengan tergugat yang telah dilangsungkan pada tanggal 16 Septenber 1999 dengan akte perkawinan dari Kantor Urusan Agama Surabaya Nomor(P1 diatas) diputuskan Karena perceraian sesuai dengan pasal 29 ayat 2(dua) UU Perkawinan No.1 Tahun 1974 juncto Peraturan Pelaksanaan PP No.9 Tahun 1975;
    Bahwa demi kepentingan anak-anak yang masih di bawah umur yang lahir dari perkawinan Penggugat dan Tergugat seperti tersebut di atas, maka pembagiannya diatur sebagai berikut:
    a. Penggugat akan menjadi wali ibu dari anak-anak tersebut diatas (lk/pr) yang bernama:
       1. Rendi aray
    b. Tergugat akan menjadi wali ayah dari anak yang bernama:
        1. Luna Maya
    Bahwa penggugat berhak menuntut kepada Tergugat membayar uang nafkah pada Penggugat berikut anak-anaknya sebesar Rp. 5.000.000,00_

Maka atas dasar uraian tersebut di atas, dengan segala kerendahan hati sudilah kiranya Bapak Ketua Pengadilan Agama Surabaya berkenan menjtuhkan putusan sebagai berikut:

PRIMAIR

1.      Mengabulkan gugatan Penggugat seluruhnya;

2.      menyatakan perkawinan antara Penggugat dengan Tergugat yang telah dilangsungkan di Kantor Urusan Agama Surabaya pada tamggal 16 September 1999 putus karena perceraian dengan segala akibat hukumnya;

3.      Memberikan izin kepada Kantor Urusan Agama Surabaya untuk melakukan pendaftaran putusan ini dan akte perceraian dari perkawinan Tergugat dan Penggugat tersebut di atas.

4.      Menetapkan mengangkat Penggugat sebagai wali dari ibu ;

a. Randi Aray (lk), lahir Surabaya, 16 September 2000
-->

b. idem

5.      Menetapkan /mengangkat Tergugat sebagai wali ayah dari:

a.Luna Maya (pr), lahir, Surabaya 05 Pebruari 2002

6.      Menetapkan uang nafkah dan alimentasi setiap bulannya bagi:

a. penggugat sejumlah Rp. 2000.000,00_

b. Anak-anak sejumlah Rp. 3000.000,00_

7.      Menghukum Tergugat membayar uang nafkah dan alimentasi setiap bulan sejumlah Rp. 5000.000,00_ Yang harus dibayar oleh tergugat setiap bulannya paling lambat tanggal 01 dari bulan berjalan;

8.      Menghukum Tergugat untuk membayar ongkos perkara ini.

SUBSIDAIR

-         Penggugat mohon keadilan yang seadil-adilnya

Penggugat

(Alleia Ananta)

No comments:

Post a Comment