Sebarkan Ilmu Untuk Indonesia Yang Lebih Maju

MAKALAH EKONOMI PERKEMBANGAN MASYARAKAT

MAKALAH
SOSIAL PENDIDIKAN EKONOMI

EKONOMI PERKEMBANGAN MASYARAKAT

“Perkembangan Peserta Didik”



Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Dalam Memenuhi
Tugas Mata Kuliah “SOSIOLOGI”
Yang dibina oleh : Dra. Hj. NURHAYATI AYU, M.Pd

Di susun oleh :
Nama        : NINA AILAINAH WARDIANINGSI
Npm         : 08340504
Semester     : III (tiga)

FAKULTAS KEJURUAN ILMU PENDIDIKAN EKONOMI
UNIVERSITAS MUHAMMADIAYAH SIDOARJO
2011

PENDAHULUAN
1.Pada masa prenatal dapat dibagi lagi memnjadi tiga periodisasi,sebutkan di tinjau dari segi aspek: biologis,kognitif,dan sosioemosional.
A)Sebutkan di tinjau dari aspek Biologis,Kognitif,Sosioemosional?
B)Bagaimana tugas perkembangan pada setiap periodisasi dari aspek tersebut?
Jawaban:
A.
a) aspek biologis
pada masa biologis yang diawali dengan pertumbuhan (konsepsi)yaitu merupakan awal dari kehamilan dimana sel telur di buahi oleh sperma.Perkembangan pra kelahiran umumnya dibagi kedalam tiga periode utama yaitu:
1.    periode Germinal
yaitu periode awal ialah periode perkembangan pra kelahiran yang berlangsung pada dua minggu pertama setelah pembuahan,ini meliputi penciptaan zigot dilanjutkan dengan pemecahan sel dan melekatnya zigot kedinding kandungan.
2.    periode Embrionis
yaitu perkembangan pra kelahiran yang terjadi antara dua sampai delapan minggu setelah pembuahan.pada saat ini angka pemisahan sel meningkat,system kandungan bagi sel terbuka dan organ-organ mulai nampak ketika zigot mendekati dindidng peranakan sel-serl nya membentuk dua lapisan dan masa sel disebut embrio.Embrio adalah lapisan luar sel pecah menjadi dua bagian mesoderm ialah lapisan tengah yang akan menjadi system peredaran ,tulang,otot,system pembuangan kotoran badan,dan system reproduksi.ketika ketiga lapisan embrio berkembang dengan cepat sistem dukungan meliputi ari-ari,tali pusar,amion,

3.    periode fetal
ialah perkembangan pra kelahiran yanag dimulai dua bulan setelah pembuahan dan berlangsung selama tujuh bulan setelah pembuahan.Panjang janin kira-kira tiga inci dan beratnya satu ons.dan janin selama aktif menggerakkan tangan,kakinya,membuka danm menutup mulutnya,dan ,menggerakkan kepalanya wajah,dahi,kelopak mata,hidung dan dagu dapat dibedakan pula lengan bagian atas lengan,bagian bawqah lengan serta alat kemaluan dapat diidentifikasi sebagai laki-laki atau permpuan.Pada bulan ke empat janin tumbuh hingga 5,5 inci,panjang dan beratnya sekitar 4 ons.rteflek pra kelahiran semakin kuat pada akhir bulan kelima panjang janin kira-kira 10-12 inci.dan beratnya ½ -1 ons.dan stuktur kulit sudah mulai terbentuk .janin semakin aktif memperlihatkan keinginan akan suatu posisi tertentu di dalam kandungan .pada akhir bulan tuju panjang janin hingga 17 inci dan naik beberapa pon. Dan beratnya 2,5-3 pon dan pada bulan ke 8-9 janin bertumbuh lebih panjang dan naik lebih berat kira-kira 4 pon dan ketika lahir kira-kira beratnya 7-7,5 pon dan tinggi 20 inci.

b)Perkembangan kognitif
Yaitu proses perkembangaan mental yang mencangkup tentang pemahaman dunia penemuan pengetahuan, pembuatan perbandingan, berfikir dan mengerti . pada perkembangan ini cenderung di pengaruhi oleh ibu. Karma ibu berperan sangat penting terhadap perkembangan kognitif seorang anak yang meliputi kecerdasan anak, kemampuan penalaran logis dan daya tangkap
c)perkembangan sosio emosional
Pada perkembangan ini di pusatkan pada kondisi fisik pada tubuh ibu yang mungkin mempengaruhi perkembangan dan pada persistensi pengaruh tersebut dalam kehidupan pasca natal.bahwa keadaan emosi ibu dapat mempengaruhi perkembangan anak yang belum di lahirkan . sikap anggota keluarga lain juga mempengaruhi secara tidak langsung melalui ibu contohnya mereka memberitahukan bahwa mereka tidak menginginkan kehadiran anak tarsebut, yang mengakibatkan ibu bingung dan terganggu dan sebaliknya sikap yang menyenangkan akan menguat sikap positif ibu atau mengurangi tekanan emosi ibu. Selai itu keadaan emosional ibu selama kehamilan dapat mempengaruhi kelahiran, ibu yang sangat bingung akan mengalami kontraksi yang tidak teratur, tugas yang lebih sulit dapat menyebabkan ketidak teraturan dalam pemasokan udara kebayi atau cenderung ketidak teraturan setelah kelahiran.

B. tugas perkembangan pada massa prenatal 
1)    Tugas perkembangan biologis
Pada massa ini di awali dengan perubahan yang merupakan awal dari kehamilan dimana sel telur dibuahi oleh sperma dan kehamilan merupakan suatu keadaan di mana janin di kadung. Perkembangan pola perubahan yang di mulai dari massa pembuahan dan berlangsung secara terus menerus selama kehidupan seseorang.
Tugas perkembangan kognitif
•    mulai mamahami tentang dunia,penemuan pengetahuan pembuatan kepribadian berfikir dan mengerti
•    pada masa perkembangan kognitif masih cenderung dipengaruhi ibu,sepsrti diberikan nutrisi yang cukup
•    dan seorang ibu berperan penting dalam kecerdasan anak,kemampuan penalaran logis,daya tangkap hingga saat anak tersebut lahir,
2)     Tugas perkembangan sosioemosional
Pada perkembangan ini keadan emosi ibu dapat mempengruhi perkembangan anak yang belum diahirkan.selain itu sikap anggota keluarga pun ikut mempengaruhi perkembangan janin pada kandungan.

2.pada masa remaja menurut hard loct perkembangan remaja dapat dibedakan menjadi 2 yaitu remaja awal dan akhir:
A bagaimana cirri perkembangan biologis, kognitif dan sosioemosional pada remaja awal dan remaja akhir?
B.Bagaimana tugas perkembangan masa remaja?
Jawab:
A.
a)ciri perkembangan biologis
•    terjadinya pertumbuhan dan perkembangan fisik yang sangat pesat dalam dalam masa remaja awal dalam jangka 3 atau 4 tahun tumbuh hingga tingginya hamper menyamai orang tuanya. Pertumbuhan anggota badan, otot-otot sering berjalan tidak seimbang.antara dua jenis kelamin dalam masa ini terlanjutkan perbedaan- perbedaan yang sangat mencolok bagi laki-laki mulai memperlihatkan penonjolan otot-otot pada dada , lengan, paha, betis yang mulai nampak. Bagi wanita mulai menunjukan mekar tubuh yang membedakan dengan tubuh anak-anak.
•    adanya rasa daya tarik terhadap lawan jenis.
•    pertumbuhan kelenjar- kelenjar seks yang menimbulkan dorongan seksual pada remaja.

b) ciri perkembangan kognitif
•    Remaja mulai melakukan kebiasaan baru yaitu sedikit demi sedikit menggerakkan konsep keyakinan.
•    Besarnya minat remaja terhadap pendidikan.
•    Mempunyai kesempatan untuk mengembangkan minat, kemampuan maupun intelegensinya.
•    Remaja bersikap ambivalop terhadap setiap perubahan.
•    Anak mampu mempertimbangkan semun kemungkinan dalam memecahkan masalah dan mampu menalar atas dasar hipotesis dan dalil, dan mapu menggabungkan informasi dari sejumlah sumber yang berbeda.
•    Terjadinya pertumbuhan dan perkembangan otak dan kemampuan berpikir remaja dalam menerima dan mengelola informasi abstrak dari lingkungan.
•    Mulai memahami hal-hal yang bersifat imajinatif.
•    Terjadinya perubahan minat dalam pola piker.
•    Penonjolan sikap sosial , terlebih lagi sikap sosial yang berhubungan dengan teman sebaya.
•    Remaja mulai bersikap sosial dengan norma-norma kelompoknya.
•    Remaja peka terhadap ejekan-ejekan yang dilontarkan pada diri mereka.

c)Ciri Perkembangan Sosioemosional.
•    Remaja sering nampak emosi seperti marah, malu, takut, cemas, anxiety, cemburu, iri hati, sedih, gembira, kasih saying,dan ingin tahu.
•    Tidak bias mengotrol emosi dengan baik karena dalam bertingkah laku sangat dikuasai emosinya.
•    Masa meridu puja yang berkaitan dengan lingkungannya.


B. tugas parkembangan pada masa remaja
•    Menerima sifatnya sendiri berikut keragaman kualitasnya
•    Mencapai kemandirian emosional dari orang tua atau figur-figur yang mempunyai otoritas
•    Mengembangkan ketrampilan komunikasi interpersonal 
•    Mampu bergaul dengan teman sebaya atau orang lain secara wajar
•    Menentukan manusia model yang di jadikan pusat identifikasinya.
•    Menerima dirinya sendiri dan memilik kepercayaan terhadap kemampuanya sendiri
•    Memperoleh self – control(kemampuan mengendalikan diri) atar dasa skala nilai, pringsip-pringsip atau falsafat hidup.
•    Mampu meninggal reaksi dan penyesuaian diri.
•    Bertingkah laku yang bertagung jawab secara sosial.
•    Mengenbangkan ketrampila intelektual dan konsep-konsep yang di perlukan bagi warga Negara.
•    Memilih dan mempersiapkan karir.
•    Memilih sikap positif terhadap pernikahandan hidup berkeluarga
•    Mengamalkan ajaran agama yang di anutnya .


3.Apa yang dimaksud demham kenakalan remaja?apa faktor yang mempengaruhi kenakalan remaja tersebut dan tugas guru terhadap kanakalan remaja?
Jawab:
kenakalan remaja adalah prilaku jahat atau kenakalan anak-anak muda dan merupakan gejala sakit (patologis) secara social kanak-kanak dan remaja yang dai sebabkan oleh suatu bentuk pangabaian social sehingga mereka mengembangkan bentuk prilaku yang menyimpang atau sebuah kecendrungan remeja untuk melakukan tindakan yang melanggar peraturanyang mengakibatkan kerugian atau kerusakan baik terhadap dirinya sendiri maupun orang lain yang dilakukan remaja di bawah umur 17 tahun.
Faktor yang mepengaruhi kenakalan remaja 
•    Identitio
•    Kawalan diri
•    Jantina
•    Proses keluarga
•    Kurangaya kasih saying orang tua 
•    Kurangnya pengawasan orang tua
•    Pengaruh dari miras dan narkoba
•    Peran dari perkembangan iptek yang berdampak negatif
•    Tidak adanya bimbingaan kepribadian dari sekolah
•    Dasar-dasar agama yang kurang
•    Kebebasan yang berlebihan
•    Masalah yang di pendam
•    Salah dalam pergaulan atau memiliki teman,missal bergaul dengan pemabok,pacandu narkoba, pecuriyang bias menarik para remaja lain 

Tugas guru terhadap kenakalan remaja
Guru melakukan upaya yaitu menggunakan upaya preventif,kopresif,kolektif,dan rehabilitas.
Guru mengarahkan dan mendidik para remaja agar tidak terjerumus kedalam hal-hal yang negative atau membahayakan dirinya sendiri.
Guru melakukan penyuluhan dan bimbingan kepada remaja

4.Apakah yang dimaksud  dengan
A.    Pertumbuhan
B.    Perkembangan
C.    Apa perbedaan dan persamaan
D.    Factor-faktor apa yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan
Jawab:
A.    Pertumbuhan adalah perubahan secara fisiologis dari segi jasmani atau fisik sebagai hasil dari proses pematangan fungsi –fungsi fisik yang berkelangsungan secara normal pada diri anak yang sehat dalam passage atau peregaran waktu tertentu. Yang terkait dengan masalah perubahan dalam jumlah besar ukuran atau dimensi tingkat sel organ maupun individu yang bisa di ukur dengan ukuran. Berat ukuran panjang , umur tulang dan keseimbangan metabolic.
B.    Perkembangan adalah perunahan – parubahan psikhis dan fisik sebagai hasil dari proses pemotongan fungsi-fungsa psikis dan fisis padadiri anak yang di tunjang oleh fator lingkungan dan proses belejar dalam passage atau waktu tertentu menuju kedewasaan.Tarmasuk perkembangan emosi, intelektual dan tingkah laku ataupan perubahan yang di alami oleh individu secara sistemmatis,progresifdan berkesinambungan naik fisik maupun psikis.
C.    Perbedaan dan persamaan pertumbuhan dan perkembangan Pertumbuhan dan perkembangan meskipun saling melengkapi tetapi memiliki arti dan makna yang berlainan . parkambangan mengandung arti adanya perubahan dakam ukuran atau fungsi –fungsi mental sedangkan pertumbuhan adalah adany pemunculan hal yang baru. Dapa peristiwa pertumbuhn akan nampak adanya penambahab jumlah atau ukuran dari hal-hal yang telah ada sedangkan dalam peristiwa perkenbangan akan nampak adany sifat-sifat baru yang berbeda dari sebelumnya dan pada peristiwa pertumbuhan hanya menumbuhkan apa yang telah ada dan lebih banyak bergantung pada factor luar sedangkan pada peristiwa perkembangan telah ada suatu potensi yang menentukan arah perkembangan kelak dan perkembangan menunjukan pada perubahan –perubahan dalam suatu arah yang bersifat tetap atau teratur menuju ketujuan kematangan dan juga berhubungan dengan proses belajar.
D.    Factor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan Faktor pembawaan yaitu faktor dari dalam individu itu sendiri.Faktor lingkungan yaitu faktor yang berada diluar diri individu itu sendiri yang berupa suasana pergaulan, pendidikan , keadaanalam,social,ekonomi, kebudayaan.Faktor dalam yaitu segala potensi yang di miliki anak, sifat yang di bawa sejak lahir, sifat-sifat keturunan ,bakat yang dimiliki Foktor gabungan antara faktor pembawaan dan lingkungan Faktor heredokonstusionil,gen yang terdapat da dalam Nekleus dari telur yang dibuahi pada masa embiro mempunyai sifat tersendiri pada tiap individu.

5.Masa kanak-kanak dapat dibedakan menjadi kanak-kanak awal ,menengah ,dan akhir.
A)Bagaimana perkembangan biologis,kognitif ,dan sosioemosional?
B)bagaimana perkembangan pada masa tersebut?
Jawab:
A.
a) perkembangan biologis pada masa kanak-kanak
•    Pertumbuhan fisik pada umumnya berjalan lambat
•    Anak mulai merangkai sendiri dan melakukan banyak lagi kegiatan
•    Perkembangan motorik kasar seperti menyeimbangkan badan, berlari tampa jatuh
•    Tingkat pertumbuhan pada masa awal anak-anak rata-rata anak-anak bertumbuh 2,5 inci dalam tinggi dan bertambah berat antara 5-7 pon setahun selama masa awal anak-anak
•    Pada anak usia persekolahan pertumbuhan semakin besar , persentase pertumbuhan dalam tinggi dan berat berkurang setip tahu
•    Pertumbuhan otak tidak tumbuh secara pesatseperti pada saat bayi .
b) perkembangan kognitif
•    Pada masa kanak-kanak daya imajinasinya terus berkerja dan daya serap mental tentang dunia makin meningkat
•    Anak mulai berfokus pada tahap pemikiran prauporasion pieget peprosesan informasi perkembangan bahasa
•    Daya pikir anak terus berkembang kearah yang kongrit, rasional dan objektif.
•    Daya ingat anak kuat dan anak bias membedakan sesuatu yang nyata
•    Mulai meniru norma dan prilaku orang dewasa dan mulai bermasyarakat
•    Anak mulai aktif bergerak ,berbicara dan berinteraksi dengan anak lain dan orang yang lebih tua
•    Mulai merencanakan suatu permainan bersama teman-temannya bicaranya pun lebih banyak untuk kebutuhan dirinya
•    Mulai meniru norma dan prilaku dalam lingkunganya
•    Anak mudah terbawa ledakan-ledakan emosional sehingga sulit di bombing dan di arah kan
•    Secara aktif menengahi interprestasi tentang realitas dan emosi yang di alami
•    Beriteraksi lebih banyak dengan rekan-rekan sebayanya secara positif maupun negatif.
•    Kurang kooperatif maupun negative terhadap orang-orang dewasa
•    Lebih berkompeten dan dewasa secara sosial
•    Menyesuaikan dari dengan keadaan sosial

B.Tugas perkembangan pada masa kanak-kqanak awal,menengah dan akhir.
•    Belajar berjalan
•    Belajar makan-makanan padat
•    Belajar mengendalikan buang air besar dan kecil
•    Belajar membeda-bedakan jenis kelamin dan menghargaunya
•    Memperoleh keseimbangan pisiologis
•    Menyusun konsep-konsep sederhana tentang realitas sosial dan realitas fisik
•    Belajar menjalin hubungan secara emosional antara dirinya dengan orang tua,saudara-saudara dan orang lain
•    Belajar membedakan antara hal yang benar dengan yang salah dengan mengembangkan hati nurani
•    Belajar tetang ketrampila fisik yang di perlukan .
•    Membetuk sikap-sikap sehat terhadap dirinya demi kepentingan organismenya yang sedang tubuh
•    Belajar untuk bergaul dan bermain dengan teman sebaya
•    Belajar menyesuaikan diri dengan keadaan dirinya sebagai pria atau wanita
•    Mengembangkan keterampilan dasar dalam membaca, menulis dan berhitung
•    Mengembangkan kata hati,moral dan ukuran nilai-nilai.